Aliyana Kyra [Turkey Love Story]

valexa hafsah
Chapter #9

Haghia Sophia (Ayasofya)

Setiap minggu,Aliyana dan Aydan bertemu di caffe yang sama di dekat Universitas Istanbul. Setiap minggunya juga,mereka membahas sejarah islam yang masih kental di Turki. Kali ini, Aydan akan membahas tentang Hagia Sophia atau disebut dengan Ayasofya.

"Ayasofya merupakan bangunan masjid pada awalnya,lalu diubah menjadi gerega Romawi Byzantium. Setelah itu,Ayasofya menjadi museum selama kurang lebih 86 tahun. Namun sekarang, Ayasofya sudah dibuka kembali menjadi masjid oleh Bapak Presiden Turki,Pak Endorgan. Adzan pertama kali dikumandangkan pada 10 Juli 2020 setelah 86 tahun diam menjadi museum.Saat masih menjadi museum,tidak ada seorang pun yang shalat ataupun berdoa di Ayasofya. Bangunan Ayasofya didominasi oleh warna merah,meskipun sekarang mulai memudar,merupakan salah satu bukti penaklukan Konstantinopel oleh Muhammad Al-Fatih. Saat itu,Ayasofya masih menjadi gereja kaum kristen Ortodoks. Di sisi dinding atas,terdapat lambang yang diletakkan sejajar,yaitu tulisan Allah,Muhammad yang sejajar dengan lukisan Bunda Maria dan bayi Yesus. Lukisan mozaik Bunda Maria banyak berada di atap dab ditutup dengan plester dan lukisan dekorasi pada tahun 1453 dan dibuka kembali pada tahun 1935. Setelah perang salib berakhir pada 1453,Konstantinopel jatuh ke kekaisaran Usmaniyyah,sehingga berfungsi sebagai tempat ibadah (masjid). Pada tahun 1934,pendiri Turki modern,Mustafa Kemal Ataturk merestorasi gereja dan masjid,salah satunya yaitu Haghia Sophia. Ada yang ditanyakan tentang ini Aliyana?"

"Ehm,bisa dijelaskan tentang perang salib?"

"Perang salib waktu itu adalah peperangan antara Byzantium (orang-orang kristen) dan Saljuk(Orang-orang Islam) yang berlangsung pada tahun 1095 hingga 1492.

"Boleh aku lanjut?"

"Ya,boleh,silahkan."

"Benteng Konstantinopel berada tepat di luar Ayasofya. Selain kuat, benteng tersebut memiliki komposisi yang unik. Bisa kamu tebak Aliyana?"

"Hm,saya tidak pernah dengar sebelumnya,apa saja ya?"

"Komposisinya terdiri dari 3 bahan,yaitu Telur Unta,tanah,dan batu."

"Tidak jauh dari Ayasofya,ada puncak Galata tower yang beroperasi sejak tahun 1348. Nama awalnya adalah Tower of Christ (saat masa kekaisaran romawi). Karena perang salib,menara ini pernah hancur karena penyerbuan. Tingginya hampir 70 meter loh."

"Wahh istimewa banget ya.""Oh iya,untuk pelajaran lebih lanjut,kamu

"Oh iya,untuk melanjutkan pelajaran,sebaiknya terlebih dahulu kamu melihat tempatnya secara langsung,lagipula Ayasofya juga ga jauh dari sini."

"Boleh ka,kapan?"

"Besok bisa kan sepulang kuliah?ajak Grizelle juga."

"InshaAllah bisa,kalau begitu saya pamit pulang dulu,assalamualaikum."

"Waalaikumussalaam."

Keesokan harinya,Aliyana dan Grizelle segera berangkat ke Ayasofya setelah kuliahnya selesai. Disana,Aydan telah menunggu kedatangan mereka berdua. Mereka bertiga segera masuk ke tempat benteng konstantinopel dan mengamati bentuk,warna,dan tekstur dari dindingbatu pertahanan tersebut."wahhh kak,kenapa warnanya bisa beda-beda gini?apa karena suhu?unik ya?"

"Makanya kamu ikutan les biar tau sejarah Islam di Turki dan banyak hal unik di dalamnya. Tembok ini sengaja disusun warnanya seperti ini. Kamu tau komposisinya apa aja?dan bagaimana cara pembuatannya"

"Nama nya aja Grizelle ga tau kak,apalagi komposisi dan cara pembuatannya,"

Lihat selengkapnya