Anyelir

Ninik Sirtufi Rahayu
Chapter #21

Upaya Pemulihan dari Gangguan Jiwa #21

Upaya Pemulihan dari Gangguan Jiwa

Depresi adalah gangguan mood, kondisi emosional berkepanjangan yang mewarnai proses berpikir, berperasaan, dan berperilaku seseorang. Seseorang yang depresi memperlihatkan perasaan tidak berdaya dan kehilangan harapan, disertai perasaan sedih, kehilangan minat dan kegembiraan.

Selain itu, yang bersangkutan juga kehilangan energi sehingga kelihatan mudah lelah dan malas beraktivitas. Kehilangan orang yang dicintai, tekanan hidup, dan sejenisnya bisa menjadi penyebab depresi. Para ahli menduga kadar hormon kortisol yang tinggi dapat menekan kadar serotonin dan akhirnya memicu gejala depresi.

Depresi bisa terjadi sebagai reaksi terhadap suatu peristiwa, misalnya penganiayaan, kekerasan, kematian orang terdekat, atau masalah keluarga seperti kekerasan di dalam rumah tangga termasuk perpisahan orang tua. Seseorang bisa mengalami depresi setelah merasa stres untuk waktu yang lama.

Depresi juga merupakan sebuah penyakit yang ditandai dengan rasa sedih yang berkepanjangan dan kehilangan minat terhadap kegiatan-kegiatan yang biasanya kita lakukan dengan senang hati. Tanda berikutnya adalah berhenti menjalankan kegiatan yang biasa dilakukan sehari-hari, setidaknya selama dua minggu.

Lihat selengkapnya