Bukan Gagal Nikah

Diena Mzr
Chapter #2

1

NIKAH sama Zodi mungkin satu dari keajaiban yang sudah diharapkan orangtuaku setiap malam. Aku juga selalu berharap hari cepat berlalu, karena sebulan lagi aku akan menyandang status istri Mahendra. Iya. Zodi Mahendra adalah calon suamiku yang pertama dan aku harap bisa jadi yang terakhir kalinya.

Aku sama Zodi sudah berharap bisa nikah sampai kami punya anak dan menua di Paris. Impian kami memang seindah dan semuluk itu walau prakteknya belum tahu bagaimana. Dia yang terkadang masih suka salah pakai kaus kaki saja bermimpi bisa tinggal di kota romantis itu. Tapi kami berdua sudah mengkhayal untuk tinggal di sana atau hanya sekadar honey moon dengan memanfaatkan cuti kami agar kami bersemangat kerja dari jam sembilan sampai jam lima sore.

Demi harapan orangtua dan sesuap nasi di masa depan, aku sudah mati-matian kuliah di jurusan sastra Inggris di kampus yang sama dengan Zodi dan bisa lulus tepat waktu dengan harapan aku nggak cuma bisa bengong mendengar orang bisa ngomong bahasa Inggris di Perancis. Apalagi bahasa lokal di sana yang mana menurut aku selalu jadi bahasa yang romantis.

Bagaimana aku bisa romantis-romantisan sama Zodi kalau aku nggak bisa bahasa Perancis? Yang ada, aku selalu tergantung sama dia untuk mengerti pembicaraan orang lokal di sana. Lama-lama dia bisa selingkuh sama orang Perancis. Aduh, amit-amit! Aku nggak mau tinggal di sana sebelum mahir dengan bahasa itu.

Namun, lagi-lagi aku terbentur kenyataan dan kursus Korea yang kujalanin malah menyelamatkan masa depanku dengan Zodi. Karena aku jadi bisa melamar kerja di kantor yang sama dengan Zodi saat ada lamaran untuk penerjemah Korea.

Pokoknya kata Mama, aku sudah memilih jodoh yang tepat karena Zodi nggak mau aku kerja di kantor yang lain. Selain itu, status sosial kami juga sama, dan aku bangga setengah mati punya calon suami kayak Zodi.

Gimana nggak bangga kalau dia salah satu mahasiswa yang lulus dengan nilai terbaik di kampus? Belum lagi dia sudah jadi idaman cewek-cewek di kampus, dan cuma aku yang bisa memenangkan hatinya. Karena dia, aku rela menghabiskan waktu luangku untuk kursus bahasa Perancis dan Korea sekaligus sembari kuliah. Terus terang, aku suka sekali film-film Korea dan lelah karena harus membaca teksnya. Akhirnya aku memutuskan untuk belajar bahasa Korea juga dan tentu saja aku mengajak Zodi untuk ikut kursus di tempat yang sama.

Walau kami nggak ada keturunan bule sedikitpun, ternyata kami bisa lulus bareng dari dua tempat kursus itu. Susah, sih. Tapi karena ada Zodi, semua tantangan bisa aku lewati dengan suka cita.

Sayangnya, kebahagiaan itu cuma aku rasakan sebulan sebelum aku tahu Zodi ngutang! Ya, Allah! Sekarang aku sedang menanyakan kebenarannya. Dia sudah tertunduk dengan bola mata yang terus berlarian seperti bola bekel yang kulempar dari tanganku. Apa yang sedang dia pikirkan?

“Zod, jawab pertanyaan aku,” seruku kembali memecah hening dan menghapus angan-angan indahku bersama Zodi. Malam ini aku benar-benar ingin mendengar sendiri penjelasannya.

“Iya, sayang. Mereka benar.”

“Benar apa?” tanyaku lagi masih ingin memastikan.

“Aku pinjem duit di aplikasi online.”

“Serius?” cecarku masih nggak percaya.

“Resmi kok. Diawasin sama Pemerintah.”

Sorot mataku sontak berubah seperti naga ingin melahap mangsanya dengan api amarahnya tapi aku masih berusaha untuk sabar mendengarkan ucapannya.

“Kamu nggak marah, ‘kan?”

Hah? Pertanyaan apa itu? Kali ini aku nggak bisa lagi jadi sosok kekasih yang sabar dan pengertian. Gimana aku nggak kesal? Darahku yang sudah mendidih dan sekuat tenaga sudah kutahan supaya nggak meledak dari tadi baru naik ke ubun-ubunku setelah mendengar pertanyaannya yang terakhir.

Aku menggeleng tak percaya. Marah. Aku marah karena dia nggak mau izin dulu kalau dia mau berhutang. Mau itu aplikasi online resmi yang diawasi Pemerintah atau rentenir sekalipun, aku nggak akan mendukung niatnya itu. Sampai kapan pun!

Lihat selengkapnya