Catatan Seorang Hotelier

Sindy Yuliana Windarsih
Chapter #1

Prolog

Kalian yang sekarang sedang belajar jurusan Perhotelan pasti lagi penasaran-penasaranya tentang gimana sih rasanya kerja di Hotel? Enak ga sih? Gajinya gede ga sih? Terus bener ga sih hotel tuh tempatnya orang mesum? Terus yang kerja disana semuanya mesum juga dong? Secara main di got, pasti ikut kena comberaan kan?

Eitss gak gitu juga sayang !

Hotel memang identik dengan kemesuman, ga cuma hotel, diskotik, tempat karaoke acap kali di pandang sebagai tempat mesum, gudang nya "ena-ena" . Tapi ga berarti kita yang kerja didalemnya juga suka "ena-ena", karena balik lagi semua itu kan tergantung individunya mau kerja didunia gelap atau terang, kalo emang udah dari sononya "nakal" kerja ditempat begini ya bakal tambah liar. Tapi kalo yang masih polos, kalem, baik hati, rajin menabung kayak gue ya diambil sisi positifnya aja, jadi kita tau sisi gelap dan kehidupan liar kota Jakarta itu kaya gimana sih. Yang paling penting, pinter-pinter jaga diri aja. Betul ga ?

Nama gue Sindy, gue berasal dari salah satu Kabupaten kecil di wilayah Jawa Tengah, yang mulai merantau ke Jakarta setelah lulus SMA tahun 2011, gue sama sekali gak punya kerabat di Jakarta. Terus kok bisa nyasar ke Jakarta? Ya bisa lah, dari dulu gue pingin banget kerja di kota gede, biar tiap hari bisa liat kerlap kerlip lampu kota, bisa liat gedung menjulang tinggi, maklum dikampung gue kagak ada. Jadi gue cari referensi dan bantuan ke tetangga-tetangga biar gue bisa disalurkan kerja di Jakarta, kerja apa aja deh, yang penting Jakarta.

Oke skip, singkat cerita tahun 2017 gue ngelamar kerja di salah satu hotel bintang kecil di kota Jakarta, awalnya gue ikut psikotes dan interview di hotel ini cuma buat iseng-iseng aja, dapet ya syukur, ga dapet ya ga masalah toh gue waktu itu masih kerja jadi auditor di-KAP. Ga disangka, gaji yang ditawarin lebih gede ketimbang gaji gue di KAP, otomatis tergiur dong apalagi gaji yang ditawarkan belum termasuk service dan insentif lainnya. Singkat cerita masuklah gue ke hotel ini, jadi Accounting.

Awal kerja disini ane gue pernah mikir dunia perhotelan akan sejungkir balik ini. Gue pikir ya pasti sama lah kaya kerja di kantor-kantor biasa. Berangkat kerja jam 8 pagi pulang jam 5 sore, weekend libur. Ga ada yang istimewa. Tapi setelah terjun langsung ke tempat kerja. Wow ghe baru tau sisi gelap kehidupan kota ternyata seperti ini. Selain itu hotel tempat gue kerja ternyata mempunyai history kelam yang berdampak sampai saat ini.

Hari pertama gue kerja, ya biasa lah pengenalan sana-sini, basa basi sana-sini, ngobrol sana-sini. Maklum ketika gue masuk posisi yang gue tempatin ini udah kosong selama 1 bulan karena staf yang dulu keluar tanpa notice. Jadi ga ada yang namanya handover dokumen atau kerjaan. Gue cuma dapet arahan sedikit dari chief accounting pusat mengenai tugas apa yang harus gue kerjakan dailyweekly dan monthly nya.

Lihat selengkapnya