Catatan Seorang Hotelier

Sindy Yuliana Windarsih
Chapter #3

Pendalaman Profesi

Hari kedua, gue milih diem perihal masalah suara apa yang semalem gue denger, dan gamungkin cerita juga ke staff lain yang ada di dalem ruangan, ngeri mereka mikir "nih anak, baru masuk sehari aja udah bikin gosip." Fokus utama gue sekarang adalah kerja, kelarin semua tugas-tugas dan kesampingkan hal-hal aneh.

Gue pikir cara bikin laporan keuangan (Laba rugi, neraca, arus kas, dan entitas laporan lainnya) itu sama, mau perusahaan manufaktur/ kontraktor, sampe hotel gue pikir sama cuma beda di beberapa akun, sama sistem pelaporan apa yang mereka pake, jadi tinggal penyesuaian aja pikir gue. Tapi ternyata ga se-simple itu. Nyatanya dulu waktu jadi Auditor gue ga pernah punya client Hotel, kebanyakan client gue dulu perusahaan manufaktur. Jadi gue sama sekali ga punya gambaran detail siklus keluar masuk uang gimana, terus sistem yang dipake untuk reservasi tamu di Front office nya gimana, sama sistem yang dipake di Restouran dan Bar nya apa, dan gimana celah bikin Fraud-nya, gue harus bener-bener pelajari dengan teliti. Jangan sampe gue kecolongan ada Fraud System yang lolos gara-gara gue ga paham sistem nih.

Seminggu awal gue bener-bener belajar alur transaksi nya, sistem-nya, sampe bahasa perhotelan-nya , maklum basic gue kan bukan Hotelier jadi gue suka ga paham kalo diajak ngomong sama staf-staf lain.

Rencana gue nih, tiap siang sekitar 2-3 jam gue mau stay di Desk depan bareng sama Front Office buat pelajarin gimana sih cara mereka make sistem reservasinya, terus nanti kalo gue uda mahir pindah ke Bar buat liat pengoperasian sistem Resto disana gimana, abis itu baru gue ke ruang Housekeeping buat ngecek, barang-barang apa aja sih yang ada di Hotel ini, karena pasti berhubungan sama Inventory yang harus gue lapor tiap bulannya kan.

Kali pertama gue stay di meja Front Office (FO), semuanya berjalan lancar, gue liatin pelan-pelan alur dia check-in in tamu yang uda booking via Online Travel Agent (OTA) seperti di Traveloka, Tiket.com, Pegi-pegi, dst. Ga ribet ya, ternyata ketika ada bookingan dari tamu kita langsung dapet notifikasi via email dari si OTA nya ini, jadi kita tinggal bikin reservasinya di sistem dan nanti kalo tamunya uda dateng ke hotel baru kita Check in-kan di kamar yang kosong. Untuk tau kamar mana-mana yang uda kosong dan uda siap buat ditempatin tentunya setiap pagi FO dapet laporan worksheet dari tim Housekeeping, jadi si FO ini bisa tau mana kamar yang udah ready mana yang masih isi, dan kalopun ada informasi tambahan staff FO dan staff Houskeeping masing-masing pegang HT/(Walkie Talkie) buat komunikasi cepet.

Siang itu di meja FO gue bareng sama Opi. Oiya yang kerja dibagian FO ini hanya 4 orang yang terbagi menjadii 3 shift setiap harinya pagi dari jam 07-15, sorenya jam 15-23, dan malemnya dari jam 23-07. Untuk shift malem selalu cowok yang bertugas, ga mungkin cewek dikasih shift malem. rawan cuy !! nanti diculik tamu, dibawa ke kamar repot.

Opi ini gadis sunda, asli sukabumi. Kebayang lah ya beningnya gadis sunda itu kaya gimana?? Gue kalah jauh lah pastinya.

Opi punya perawakan tinggi, kurus dengan kulit putih pucet. (Tau lah ya definisi kulit pucet, bukan berarti mukanya pucet loh ya. Tapi kulitnya ini bukan putih indonesia yang lebih ke arah kuning langsat, putihnya itu kaya putih orang-orang korea gitu). Cantik lah pokoknya. Tapi Opi ini pembawaanya kalem, malu-malu, lebih banyak diem ga kaya imej gadis sunda kebanyakan yang suka genit-genit itu.

Pas kita lagi ngobrol-ngobrol ringan, telepon FO berdering. Opi ngangkat telepon dan gue cuma dengerin. sekilas dan denger :

Opi : "Halo selamat siang ibu, dengan receptionist ada yang bisa saya bantu?"

diam sejenak

Opi : "Mohon maaf ibu atas ketidaknyamanan-nya, akan saya sampaikan ke pihak Management Hotel"

Diam sejenak

Opi : "Kami mohon maaf ibu, tapi itu sudah menjadi tanggung jawab ibu"

Opi : "Kami mohon maaf ibu"

Gue liat muka Opi sedikit tegang, tapi gue tahan, buat nanya sampe teleponya ditutup. Setelah telepon ditutup, Opi langsung noleh ke gue "Aduh gimana ini mba, tamunya ngomel-ngomel mau laporin bang Tio mau dipecat katanya." terang Opi.

Lihat selengkapnya