Cerita Ayah Memori Ibu

Wulansaf
Chapter #3

Keluh Kesah Anak Bungsu

Di masa pandemi ini, sekolah gue baru menerapkan sekolah tatap muka lagi setelah satu tahun kami menjadi murid tak kasat mata yang hanya mengumpulkan tugas-tugas saja. Kalau di tanya lebih baik sekolah online atau offline, maka gua bisa kasih jawaban cepat yaitu, tentu saja sekolah offline! Selama masa sekolah daring gue ngerasa makin males sekolah karena yaudah, sekolah isinya cuma ngumpulin tugas dan absen doang nggak bisa ketemu temen-temen. 

Lagian semua anak sekolah gue yakin pasti mereka bosen juga sekolah online hampir setahun, dulu waktu pertama kali diumumin kalau sekolah akan dilakukan daring kami girangnya minta ampun, tapi itu Cuma bertahan paling lama dua minggu, sisanya kami udah kaya manusia kebosenan yang gabut nggak ada kerjaan sama sekali, berharap virus ini cepet musnah dari dunia dan pengen cepet-cepet normal kaya dulu. 

Udah satu bulan lamanya sekolah lagi nyoba untuk mengembalikan murid-murid ke sekolah dengan peraturan super ketat. Itu pun dalam satu kelas nggak semuanya masuk, kami masuk sekolah dibagi dua sesi berdasarkan absen, jadi masuknya ganti-gantian, sehari masuk sehari nggak. Lumayan untuk mengurangi rasa bosen meski kami masih jaga jarak danmasih takut ketemu orang. 

Hari ini sebenarnya sekolah pulang jam tiga sore, tapi berhubung gue udah lama nggak main ke rumah Bima-temen SMP dulu, yang sekarang kami satu kelas di bangku SMA. Sejujurnya Bima udah lama ngajak gue main ke rumahnya, tapi berhubung virus selalu melonjak, dan daerah di rumahnya juga diisolasi, jadi rencana gue berkunjung ke rumahnya selalu gagal. 

Di rumahnya seperti biasa, Bima selalu ajak gue main PS5, lalu setelahnya kami main basket di lapangan rumah Bima. Kebayang kan rumahnya senyaman dan seluas apa? Gue aja betah, mungkin kalo Ibu nggak nelepon suruh pulang gue mending nginep di rumah Bima aja, bahkan kalo diusir sama Mbak Alya pun gue akan tinggal di sini dan Bima ngebolehin. 

  “Bim, gue nggak bisa sampe malem, nih, Ibu gue udah nyuruh pulang soalnya.” Gue baru angkat telepon dari Ibu yang nyuruh gue cepet-cepet pulang, kedengeran juga suaranya Mbak Alya yang bilang, “Nggak usah pulang lu sekalian, gue kunciin dari dalem!” ih, nenek lampir dasar! Dikira rumah itu dia yang punya aturan? 

  “Oh, gitu, yaudah. Mau dibawain makanan nggak, Ar?” gue melihat makanan di meja yang masih banyak. Ibunya Bima setiap kali gue dateng pasti selalu beliin jajanan untuk kami ngemil, beliin makanan berat juga karena kebetulan hari ini Ibunya lagi nggak masak. 

  “Bungkus aja, ya. di sini juga nggak ada yang makan. Mubazir.” Bima langsung mengambil kantong plastik untuk membungkus makanannya. Alhamdulillah rezeki anak sholeh.

  “Eh iya, makanannya dibawa pulang aja nggak apa-apa, di sini nggak ada yang makan. Kan kamu di rumah banyak orang, ada Mbak Alya kan di rumah?” gue dalem hati menyahut. Ih, siapa itu Mbak Alya? Nggak kenal! 

Lihat selengkapnya