Dahlia Merah di Penghujung Abad

tuhu
Chapter #83

BATAVIA, TAHUN 1899

Di penghujung abad.

 Batavia, Hindia Belanda, 1899

 

 Purnama merebahkan sinarnya di atas bangunan megah, gedung Harmonie, milik perkumpulan kelas atas Eropa di Batavia, Societeit de Harmonie. Berdiri angkuh di sisi selatan Molenvliet, sudut Rijswijk.

Taburan bintang menyesak di angkasa malam. Menambah gemerlap sebuah pesta paling megah meriah tengah berlangsung di dalam gedung Harmonie. Tak ada kemegahan di setiap sudut Batavia sanggup menandingi megahnya pesta di gedung Harmonie.

Orkestra baru saja merampungkan musik La Viennoise. Kini para tamu pesta bersiap berdansa dengan iringan Wals Soldatenlieder lantas disusul Wals Morgenblatter.

Gaun dan jas mewah menawan berpadu harmonis dengan setiap alunan musik dansa. Disempurnakan senyum indah terlukis dari setiap wajah dimabuk dansa.

Suara denting gelas sahut menyahut di samping ruang utama dansa. Para tamu yang lebih memilih menikmati malam pesta bersama sahabat atau kekasih. Menghabiskan malam dengan tawa kegembiraan, menyesap nikmatnya minum anggur dan cognag.

Dari arah pintu masuk, seorang laki-laki Eropa berjas hitam berjalan menggandeng mesra istrinya. Mengenakan gaun biru dongker. Mereka berdua berjalan pelan menghampiri kerumunan sahabat-sahabat mereka dekat lukisan Gubernur Jendral Reinier de Klerk, pemrakarsa berdirinya gedung Harmonie.

Lihat selengkapnya