DE'POTTER

Arif Budiman
Chapter #13

SERAT ASMARA


Pak Charly sedang berada di Panggung Karawitan tepatnya di Panggung Pagelaran Wayang. Malam ini beliau akan membawakan Lakon “Wahyu Serat Asmara”. Alunan tembang karawitan sudah dimainkan beberapa nayaga atau para penabuh yang tak lain adalah murid-murid SMA Depotter. Acara ini telah diajukan dan disetujui dengan anggaran sekolah. Agak berbeda dengan sekolah lain yang tidak ada Ekskul karawitan atau wayang. SMA Depotter menyelenggarakannya, sesuatu yang perlu dicontoh sekolah lain. 

Beliau sedang menembangkan Pupuh Sinom Karya Kanjeng Gusti yang Syairnya begini:


Begitulah manusia utama,

Gemar membiasakan diri dalam sepi,

Pada tiap saat-saat tertentu,

Mempertajam dan membersihkan jiwa,

Caranya dengan bertahan,

Pada keluhuran sikap,

Bersikap sopan rendah hati,

Pandai bergaul menarik hati orang lain.

Itulah orang yang disebut baik 

dan bersemangat beragama.


Temen-teman DePotter semua, aku ada di dekatnya. AKu mendampingi beliau memilih para Tokoh Wayang yang harus dimainkan. Dengan cara ini aku belajar penokohan dalam wayang dan pastinya ilmu pedalangan yang sangat membutuhkan kecerdasan bukan hanya pikiran tapi segenap jiwa dan raga.

Sesi ini ingin aku gunakan untuk cerita tentang Pak Charly. Ketahuilah kawan, hanya beliaulah sesungguhnya yang dituju saat aku di SMA ini. Sepenuhnya ingin bertemu dengan Pak Charly. Aku sedang ada bersama beliau. Aku sedang menjadi muridnya. Aku harus selalu ada di dekatnya. Dan dibimbing untuk menerima kekuatan yang sangat aku butuhkan. 

Aku ceritakan kisahku berkaitan dengan Rencanaku, untuk mengetahui membuka Mantra Pengasih dan Serat Asmara.

Aku rasa berbeda dalam tujuan sekolah disini. Sebagian ingin menjadi orang Sukses lewat proses pembelajaran di SMA. AKu juga ingin jadi orang sukses sesuai dengan kriteria sukses yang umumnya ingin dituju para siswa disini. Aku punya tujuan khusus saat harus masuk SMA DePotter.

Sebagian hanya bangga bisa masuk di SMA Depotter.

Tapi Intinya semua pembelajaran disini ingin dapatkan Kesuksesan. Di masa Depan. Atau hari ini, setelah 19 tahun berlalu Telah banyak teman-teman satu angkatan yang berhasil dan itu adalah lulusan SMA DePotter. Tentu ini sangat luar biasa. Ada yang jadi pengusaha, ada yang jadi Hakim, Ada juga yang jadi Prajurit baik yang angkatan di Angkatan Darat maupun angkatan laut dan Udara. Ada Pula yang menjadi Dosen dan masih banyak profesi lainnya oleh kawan-kawan kita yang tersebar entah dimana. Tidak semuanya dapat dilacak.

Temen-teman mungkin perlu sedikit tahu Alasan lain, mengapa saya harus Masuk SMA DePotter. Bukan Semata mengejar Sekolah Favorite yang selama ini diimpikan anak-anak di wilayah Kebumen Barat (Gombong) ini. Setiap pribadi tentu sangat bangga dengan kenyataan bisa diterima di SMA DePotter.

Lihat selengkapnya