DE'POTTER

Arif Budiman
Chapter #14

AKHIR KUASA TANAH JAWA

Inilah perang terbesar pertama yang telah meluluh-lantakkan Trah Terakhir Tanah Jawa. Biyung mulai bercerita tentang peristiwa hancurnya kejayaan Raja-raja Jawa. Aku tertegun diam pada, sandaran kursi rumah di Panjer Kebumen. Kursi tua tinggalan leluhur.

Ini sejarah leluhur Raja Jawa di masa-masa akhirnya, masa ketika kebudayaan baru masuk dan menggeser ajaran lama dan menggantikannya dengan ajaran baru. Ada dendam yang berbaur dengan semangat budaya luar. Semua rasa kecewa pada kebudayaan itu Berbar hingga kita tak bisa membedakan apa sebab yang sebenarnya.

Saat itu, Di usia itu. Saat masih SMA. Aku sendiri belum mencerna apa yang dimaksud dengan dendam yang terucap dari mulut Biyung. Tapi umumnya ditangkap karena ada pengaruh budaya luar yang menggantikan Tradisi Jawa.

Darah mengalir dimana-mana. Rakyat menjadi korban dalam pergantian budaya ini. Ini lah zaman perang zaman ketika sebuah kebudayaan tak terelakkan akan menggantikan. Rakyat juga banyak yang menghendaki baik dengan kerelaan atau keterpaksaan.

Lihat selengkapnya