Dua Samudra

Indah lestari
Chapter #10

Potret Sejarah: Pertemuan Soekarno dan Freemasonry #10

Rea sangat bersemangat saat membaca berita terbaru di CNN Indonesia tentang perjalanan Freemason di Indonesia. Ia menemukan potret bersejarah yang menampilkan Presiden Soekarno bersama Pengurus Besar Provinsial Tarekat Kemasonan di Indonesia. Berita tersebut mengungkapkan bahwa foto tersebut disimpan di Perpustakaan Nasional dan menggambarkan momen penting dari pertemuan antara Soekarno dan anggota Freemasonry pada tahun 1950. Rea tertarik dengan detail pertemuan ini dan bagaimana hubungan antara Soekarno dan Freemason mempengaruhi kebijakan pemerintah Indonesia.



Jakarta, CNN Indonesia -- Pertemuan antara Presiden Soekarno dan Pengurus Besar Provinsial Tarekat Kemasonan di Indonesia terekam dalam potret yang dikumpulkan Yayasan Idayu.

Sejak 2005, Perpustakaan Nasional menyimpan foto itu pada album bertuliskan "Berbagai kegiatan pemerintahan Presiden Republik Indonesia Serikat Soekarno dalam menerima kunjungan tamu-tamu perwakilan asing dari beberapa negara di Jakarta pada 3 hingga 5 Januari 1950".

Foto hitam-putih tersebut tidak memuat keterangan tanggal dan tempat pertemuan. "Presiden Soekarno menerima anggota- anggota Vrij Metselaar," demikian keterangan foto itu tertulis secara singkat. Vrij Metselaar adalah sebutan bagi kelompok Freemasonry dalam bahasa Belanda.

Awal tahun 1937, Suhu Agung Belanda, H. van Tongeren, mengadakan kunjungan keliling ke loji-loji di Hindia Belanda. Gambar kunjungan ke Loji Batu Kunci (De Hoeksteen) di Sukabumi. (Dok Theo Stevens)

Proklamator kemerdekaan Indonesia itu tampak memfokuskan matanya ke deputi Pengurus Besar Provinsial, H.M.J Hart yang terlihat tengah memaparkan suatu perihal. Hart duduk di sofa yang terpisah dan berhadapan dengan Bung Karno.

Sementara itu, Wakil Suhu Agung Pengurus Besar Provinsial Carpentier Alting duduk di sebelah Hart. Ia tampak memperhatikan pembicaraan Bung Karno dan Hart.

Gestur serupa Alting diperlihatkan pula oleh Loa Sek Hie, anggota Pengurus Besar

Provinsial yang seorang peranakan Tionghoa. Wisaksono Wirjodihardjo, anggota Pengurus Besar Provinsial yang sempat menjabat Wali Kota Bogor, duduk di antara Alting dan Loa, menundukan kepalanya.

CNN Indonesia sebenarnya menemukan satu foto lain terkait pertemuan itu pada katalog Perpusnas. Foto tersebut berjudul Anggota-anggota Vrij Metselaar menghadap Presiden.

Foto itu tecatat berada pada album yang berisi kumpulan rekaman kegiatan Bung Karno, seperti saat memperingati Maulid Muhammad SAW di Istana Negara, menyambut kedatangan Wakil Presiden Mohammad Hatta dari Den Haag, Belanda, serta bertemu dengan delegasi asing.

Sayang, tidak satu pun foto pada album tersebut menunjukkan pertemuan Bung Karno dan Pengurus Besar Provinsial. Setelah berulang kali mengulangi pencarian mereka ruang penyimpanan, petugas Perpusnas tetap tidak dapat menemukan foto kedua.

Pertemuan Pertama, Theo Stevens, penulis buku Vrijmetselarij en samenleving in Nederlands-Indie en

Lihat selengkapnya