Dua Samudra

Indah lestari
Chapter #14

Mengungkap Strategi Cuci Otak #14


Jakarta - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengatakan ada banyak cara menghadapi teroris. Wiranto menyebut cara itu tidak hanya melalui hard approach seperti pemberantasan.

"Indonesia melakukan langkah-langkah (mendidik) eks teroris itu, kemudian dididik kembali untuk masuk ke konsep masyarakat-masyarakat yang mementingkan perdamaian," kata Wiranto di Le Meridien Hotel, Jalan Sudirman, Jakarta Pusat, Senin (16/10/2017).

Hal itu disampaikan Wiranto saat membuka acara The Action Asia Peacebuilders Forum dengan tema Penentangan Radikalisme dan Terorisme.

Wiranto menyebut para eks teroris itu sebelumnya di-brainwash (dicuci otaknya) untuk menjadi teroris. Agar kembali menjadi manusia normal, maka menurut Wiranto, mereka perlu di-brainwash lagi.

"Jadi mereka di-brainwash oleh teroris untuk menjadi teroris, kemudian kita ambil kembali, kita brainwash untuk menjadikan pemikiran-pemikiran yang normal, pemikiran yang tidak merusak, damai," kata Wiranto.

Wiranto menyebut kegiatan dengan konsep seperti itu penting untuk membangun kedamaian. Wiranto hadir mewakili Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK).

"Saya kira acara seperti ini penting, karena dapat menyatukan konsep dari berbagai macam negara. Mengenai bagaimana membangun suatu perdamaian tanpa radikalisme tanpa terorisme," kata Wiranto.

"Kegiatan dari salah satu action Asia untuk menciptakan perdamaian," tutur Wiranto menambahkan.

Lihat selengkapnya