GALUH

Prayogo Anggoro
Chapter #242

S5. Tantra Mossak

Terpilihnya Lubuk Tapanuli sebagai Trinata, saat itu memang dia memiliki hubungan dengan Baruna Arai. Dia tahu bahwa Baruna Arai merupakan orang Limun, salah satu ras kuno yang juga direkrut sebagai anggota Arakar. Meskipun menjadi bagian dari organisasi yang menyebarkan teror terhadap lima negeri besar, Baruna Arai memiliki tujuan lain mengenai keberadaan kekuatan Suwung.

Pertemuannya dengan Baruna Arai, sudah sejak lama ketika dirinya menjadi murid di padepokan Muara Takus. Saat itu, Lubuk Tapanuli mendapatkan petunjuk untuk belajar ke negeri Dhara kepada seorang pertapa yaitu Gumantar dan sejak itu dirinya bertemu dengan Arai Balawa.

Orang Limun yang memiliki kemampuan dalam meregenerasi tubuhnya, Lubuk Tapanuli mempelajari bagaimana tubuh bisa memulihkan luka dalam, hingga dirinya pun berhasil membangkitkan kekuatan tantra dalam tubuh sendiri dan dinobatkan sebagai pendekar silat terbaik hingga diangkat menjadi Caturenzi oleh Tirtadev keempat mewakili keluarga bangsawan Tapanuli.

Mengenai gelarnya sebagai Trinata, dia tidak tahu dengan julukan itu. Lubuk Tapanuli hanya mendapatkan amanat untuk menjaga sementara kunci Tetrabarun dari Baruna Arai dan dia tidak tahu apa guna dan pentingnya, kunci itu bagi Tetrabarun.

"Meskipun kunci Tetrabarun kamu dapatkan kembali, kamu tidak akan mendapatkan manfaat dari kunci itu," kata Lubuk Tapanuli kepada Baruna Intcjeh. Dia sadar bahwa kunci itu mengarah kepada senjata pusaka untuk satria Galuh.

Baruna Intcjeh yang tertantang dengan tawaran sebelumnya, dia berdiri merapihkan penampilan. "Sekalipun tidak ada manfaatnya bagiku, setidaknya kunci itu telah mengantarkan aku dengan tujuan sebenarnya."

"Memangnya apa tujuan seorang perompak sepertimu?" Sahut Lubuk Tapanuli menatap wajah Baruna Intcjeh yang canggung.

Baruna Intcjeh pun memalingkan wajah, dan dia tidak akan mengatakan tujuan hidup sebenarnya sebagai perompak karena sekarang dia telah melihat orang yang dicarinya. Dia kini ada dihadapannya, itulah tujuan Baruna Intcjeh yang sepele namun sangat berarti.

"Saat ini, aku hanya ingin mengalahkanmu dan mendapatkan kunci Tetrabarun kembali," kata Baruna Intcjeh. Dia sadar bahwa menjadi pelaut adalah cita-cita yang pernah dia ucapkan kepada seseorang di masa lalu demi menikmati hidup yang tidak berguna, namun justru kini dia berubah haluan sebagai perompak karena sama-sama hidup mengarungi lautan.

Kemudian, keduanya pun siap-siap untuk bertarung. Baruna Intcjeh sebagai Jewel, telah menyerap sastra alam untuk meningkatkan setiap serangan. Sementara itu, sebagai pendekar silat, Lubuk Tapanuli mengontrol pernapasan dan gerakan yang sistematis untuk serangan maupun bertahan.

"Batu cimpago bersinar... Nafas langit." Dengan mantra andalannya, Baruna Intcjeh melakukan serangan lebih dulu.

Seketika, Lubuk Tapanuli terlihat memasang kuda-kuda dan menyilangkan kedua lengan di depan dada. Seberkas cahaya pun keluar dari lengan itu, menciptakan tameng pelindung dari serangan sastra berelemen udara. Itulah bentuk ilmu kanuragan yang terlepas sebagai kekuatan tantra.

Setelah menangkis serangan, Lubuk Tapanuli menggunakan tendangannya yang mengeluarkan serangan tantra dengan efek kejut kepada Baruna Intcjeh. Menyadari hal itu, dia pun menggunakan mantra tameng udara. Dan meloncat sambil melakukan serangan, mantra meriam angin.

Di samping itu, melalui gerakan sistematis dan mengikuti ritme gerakan lawan, Lubuk Tapanuli menunjukkan kemampuan bertahan dengan ilmu kanuragan yang melalui latihan dan juga tirakat. "Tantra mossak, jurus kelima... Tarian melintang menangkal serangan."

Terlihat, setiap serangan sastra yang dilancarkan oleh Baruna Intcjeh mampu dihindari dengan gerakan gesit dan luwes oleh Lubuk Tapanuli. Seni silat yang tidak pernah dilihat oleh Baruna Intcjeh, ditunjuk oleh lawannya yang membuktikan bahwa pendekar silat bukanlah orang sembarangan ketika mampu mengeluarkan kekuatan tantra.

Kekuatan tantra yang digunakan oleh Lubuk Tapanuli merupakan ilmu kanuragan berjenis mossak yang memiliki jurus-jurus yang bisa digunakan sesuai keadaan untuk mengimbangi pertarungan dengan mengandalkan bagian tubuh yang dipusatkan sebagai suatu yang berharga bagi penggunanya.

Karena itu, dari busana bajo godang bisa terlihat bentuk tubuh kekar Lubuk Tapanuli yang terlatih penuh otot-otot yang bagus ketika dirinya melakukan setiap gerakan. "Tantra mossak, jurus keempat... Gerakan menerjang melumpuhkan lawan."

Kali ini dengan jurus lain, Lubuk Tapanuli menyerang Baruna Intcjeh. Bahkan ketika kekuatan sastra pertahanan dari mantranya digunakan, Baruna Intcjeh tidak mampu menahan jurus dari tantra mossak. Hasilnya, dia pun terpental menerima setiap serangan hingga tubuhnya merasakan nyeri dan luka.

Lihat selengkapnya