Grace

Nuel Lubis
Chapter #20

Minggu Palma: Firman Mengajak Greyzia Menikah

Sudah Minggu Palma. Menurut tradisi gereja-gereja, entah dari denominasi atau sekte mana, konon Minggu Palma merupakan suatu peringatan agar umat Kristiani di seluruh dunia teringat saat Yesus memasuki kota Yerusalem dengan seekor keledai, lalu dielu-elukan oleh warga kota Yerusalem.

Begitulah sedikit yang Firman baca dari warta jemaat gereja. Firman mengangguk-anggukan kepala dan meneruskan kembali membaca kelanjutannya.

***

Makna Minggu Palma untuk Semua dari Kita, Umat Kristiani

oleh Pendeta Eddie Tjandra, S. Th., M. Th.

Penggunaan daun palem pada perayaan Minggu Palma memiliki makna khusus. Salah satunya adalah kemenangan Yesus atas maut. Kita semua tahu untuk apa Yesus disalibkan di atas kayu salib. Dia mengorbankan nyawanya, yang sampai sekarang kita mengingat pengorbanan tersebut demi menyelamatkan jutaan penduduk Bumi.

Lewat kedatangan Yesus ke Yerusalem, tersirat suatu kabar suka cita. Saat Yesus masuk ke Yerusalem, dia menggunakan keledai, yang memiliki makna kesederhanaan dan perdamaian. Ada sebuah makna lain selain memperingati masuknya Yesus ke Yerusalem. Selain makna kesederhanaan dan peringatan masuknya Yesus ke kota Yerusalem untuk kali pertama, itu pun mengingatkan kita akan kesengsaraan Yesus.

Umat Kristiani di seluruh dunia akan selalu diingatkan bahwa setelah dielu-elukan oleh bangsa Yahudi di kota Yerusalem, ke depannya akan ada ada cerita-cerita memilukan hati yang dialami Yesus. Ada kisah Yesus dikhianati oleh salah seorang murid. Ada pula kisah bagaimana Yesus disamakan dengan para tahanan untuk sebuah perbuatan kriminal, yang mana kita tahu Yesus bukanlah seorang kriminal. Hingga, terselip juga kisah keajaiban yang sampai sekarang kita yakini itu benar-benar pernah terjadi. Yesus bangkit dari alam kubur pada hari ketiga. Pantas untuk kita semua untuk memperingati Minggu Palma.

Minggu Palma selalu menjadi perayaan yang selalu dilaksanakan setiap tahun, untuk memperingati awal dari setiap sengsara Yesus hingga menuju kenaikan Yesus ke sorga. Penting untuk kita semua memperingati Minggu Palma. Minggu Palma tak kalah penting dari Natal, Jumat Agung, atau Paskah.

***

Ku terus menunggu di jalan yang kedua

Ku ingin panggil namun ku tak bisa

Saat kulihat ke bawah

Bunga ajisai pun menangis

Bersamaan dengan Firman yang cukup khidmat membaca renungan dari Pendeta Eddie Tjandra di warta jemaat, terdengar sebuah lagu mengalun di ruang aula utama gereja. Itu sebuah lagu duniawi dari sebuah idol group. Ada seorang remaja laki-laki yang memutarnya melalui ponsel. Greyzia sekonyong-konyong menghampiri Firman. Firman menoleh ke arah pacarnya dan tersenyum.

Lihat selengkapnya