Hanya karena Aku Wanita

lina sellin
Chapter #1

#1 Malam Penentu


1

Malam Penentu

 

Di lantai kamar sempit, tempat biasanya aku dan ibuku beristirahat, aku merebahkan badan, sementara ibuku di atas kasur busa tipis di kamar yang sama juga berbaring, seolah aku mendesak Ibu agar bisa menguliahkanku seperti halnya teman-temanku.

“Bu, Ayu pengen kuliah.” Entah ada keberanian semacam apa pada malam ini yang merasuk ke dalam diriku, sampai berani mengutarakan mimpiku. Padahal sebelum-sebelumnya, aku sama sekali tak pernah berani menyampaikan keinginanku. Seingatku, terakhir kali aku meminta agar Ibu mengabulkan keinginanku adalah saat aku duduk di bangku kelas 5 SD. Saat itu aku menangis merengek supaya Ibu membelikanku baju lebaran karena semua teman-temanku sudah pamer baju barunya, sementara waktu lebaran tinggal dua hari lagi. Maka, tangisku pecah, dan aku menghilangkan akal sehatku untuk mendapatkan apa yang aku mau dengan menangis meronta-ronta sembari mogok makan setelah seharian penuh berpuasa.

Ibuku diam. Tanpa suara.

Kulirik sekilas ke atas cermin kecil yang menempel di dinding kamarku. Dari sana, aktivitas di atas ranjang ibuku bisa terlihat. Namun, ibuku masih saja diam. Matanya seolah sedang menerawang jauh entah ke mana.

“Bu,” lanjutku berusaha membuyarkan lamunan Ibu. “Ayu bisa kuliah kan Bu?” Tanyaku melanjutkan. Tapi, suara Ibu belum juga keluar. Ibu seperti sedang menggendong jutaan kilogram beban di pundaknya yang kian hari kian rapuh.

Lihat selengkapnya