JOVAN

Giovanna K. A.
Chapter #20

— Catatan

Akhirnya, aku berhasil menyelesaikan "novel" ini. Karya ini merupakan kompilasi dari berbagai kisah yang paling membekas dalam ingatanku. Setiap chapter mewakili sepenggal cerita hidupku yang paling berkesan… paling menarik(…?) untuk diceritakan, dan tentu saja, didramatisasi (wink).

Jujur saja, proses penulisan novel ini terasa sangat berbeda dari dua proyek novel lain yang masih terbengkalai di laptopku. Saat ini, aku masih bergulat dengan writer's block yang cukup menyiksa untuk kedua karya fiksi itu. 

Mungkin karena adanya tenggat waktu yang mendekat, aku merasa terdorong untuk menulis dengan tempo yang lebih cepat dari biasanya. Terkadang aku khawatir apakah ketergesaan ini akan berdampak pada kualitas tulisanku. 

Namun aku sadar bahwa kesempatan untuk menceritakan kisah hidupku dengan cara yang begitu personal dan mendalam mungkin tidak akan datang dua kali. Seperti saat ini.

Novel ini mungkin terkesan agak berantakan dan terburu-buru. Ada bagian-bagian yang masih terasa mentah dan membutuhkan pengembangan lebih lanjut. Transisi antar cerita mungkin belum sehalus yang kuharapkan. Namun, aku percaya bahwa esensi dari setiap pengalaman yang kubagikan telah tertuang dengan apa adanya.

Lihat selengkapnya