Juleha Pengen Kawin

Jee Luvina
Chapter #14

Surti Mau Kawin

Gue masih berjuang untuk move on dan terus menjadi muslimah yang baik ditemani oleh Surti. Surti sering banget ngajakin gue kajian gitu. 

Malam ini gue bingung banget mau ngapain. Akhirnya gue pilih nonton ceramah aja lewat youtube. Seperti biasa, enyak dan babeh masih menyempatkan waktu untuk malam mingguan di luar. Gak mau kalah banget dengan anak abege. 

Saat gue lagi nonton ceramah, hape gue bunyi. Ternyata dari si Surti. 

“Ha, lagi ngapain Lu?” Baru juga gue angkat, udah nyosor aja nih Surti.

“Ya ampun, Sur, gak ngucapin salam lagi Lu ya mentang-mentang nelpon gue. Hahaha.” 

“Iya, iya, assalamualaykum Juliana Soleha.”

“Hahaha gak gitu juga keleesss. Iyee, wa’alaykum salam. Ada apa nih?”

"Oiya Ha.. gue mau kasih kabar bahagia nih sama Lu." 

Gue yang tadinya lagi rebahan langsung duduk dan penasaran banget sama kabar yang akan disampein sama Surti. 

"Gue mau kawin."

"Hoaaaaa.." Teriakan gue persis teriakan babeh kalo liat kecoak terbang. "Serius? Sama siapa? Kok mendadak?"

"Heem serius lah. Jadi calon suami gue itu baru lulus SMA, abinya baru meninggal, jadi dia yang harus nerusin pesantren abinya sebagai anak laki-laki pertama. Awalnya dia kaga pernah mau segala apa-apa berhubungan dengan pesantren, tapi karena abinya meninggal, dia terpukul banget. Dan langsung hijrah extrim gitu. Dia pun berkomitmen untuk segera menikah agar lebih tentram hatinya karena ada pendamping hidup. Nah, kebetulan gue dateng ke pesantren itu, ada Ustadzah Harum yang jadinya jodohin gue dengan dia. Setelah melewati proses taaruf, ternyata kami memiliki kecocokan gitu. Bismillah Ha, mungkin emang ini jalan Allah untuk gue."

Gue sedikit melotot mendengar penuturan Surti. Taaruf apaan coba?

"Taaruf? Bukannya kaya beli kucing dalem karung ya. Lu ga kenal kan orangnya? Terus kenapa lagi Lu kaga cerita pas awal dijodohin sih Sur. Jadi gue gak mendadak gini tahunya." 

Gue duduk sambil memeluk bantal dan semakin penasaran sama yang ada di ujung telepon ini. Gue gak mau temen gue nantinya sengsara dapetin suami yang gak jelas. 

"Ya, gue belum berani cerita aja, Ha. Soalnya kan takut kaga jadi ya malu gue. Insyallah engga kayak beli kucing dalam karung kok Leha, dia rekomendasi Ustadzah Harum, jadi gue yakin orangnya baik, agamanya bagus dan bisa bimbing gue jadi lebih baik dan lebih dekat sama Allah. Nanti kami akan sama-sama terus belajar."

“Tapi usianya gimana, Sur? Beda jauh dong kalau dia baru lulus SMA?”

“Hehe iya beda 5 tahun sama gue. Tapi gak papa, gue udah cocok sama visi dan misi hidup dia. Insyaallah ya Leha, doain gue.” 

Okelah, gue ngerasa udah jauh banget dari Surti. Dunia gue sama dia berasa berbeda. Gue masih dengan amburadul world dan Surti udah jelas sampe mau dinikahin sama cowok asli.

Gue gak tahu harus bilang apa ke Surti menyambut kabar bahagia ini. Di satu sisi gue gak ngerti sama proses yang dia jalani dan gue jadi takut sama pernikahan Surti nanti gimana coba nikah sama orang yang baru dikenal dan kenalannya cuma pake taaruf dan usianya jauh dibawa Surti. Di sisi lain ya agama Surti udah dalem banget, gak kayak gue, gue malah takut ngomong banyak, takut salah.

“Jadi kapan Lu bakal kawinnya, Sur?” Gue udah pasrah aja bakal ditinggal Surti kawin. Gue bahagia, tapi kok kayak ada rasa sedih dan patah hati gitu ya. Hm, jangan-jangan patah hati kemarin sama kang Asep yang belum kelar. Hahaha.

“Insyaallah bulan depan, Ha. Lu, enyak dan babeh dateng ya. Insya Allah minggu-minggu ini, gue ke rumah Lu. Lu baik-baik, Ha. Gak galau lagi kan?” 

“Apaan sih Lu! Ya enggaklah. Hahaha.”

Bisa aja gue ngeles. Haha. Ya malulah kalo jujur sebenernya gue masih galau-galau gak jelas kayak gini. Cuma beberapa menit aja gue dan Surti teleponan. Gue jadi mikir, ternyata mimpi gue kawin beberapa hari yang lalu itu bisa aja jadi kenyataan. Gak pake pacaran, terus tiba-tiba aja nikah gitu kayak Surti.

Yaudalah. Gue mau berlabuh aja ke pulau kapuk. Enyak dan babeh keluar malem mingguan udah bawa kunci. Bayangin aja ada gue di sini dan rumah dikunci dari luar. Emang dasar enyak dan babeh.

** 

Lihat selengkapnya