LAYUNG Puru Sotama

Wiji Lestari
Chapter #1

PRATANDHA

"Ki. Ki Tapa! Bangun, Ki."

Sayup-sayup untuk ke sekian kali, terdengar suara yang begitu lembut memanggil. Menyapa telinga serta ingatan dalam keakraban hangat. Sial, malamnya seakan rekat. Nyaris mustahil didusta celah.

"Ki!"

Kali ini, Ki Tapa mampu mengerjap. Sebentuk wajah menghiasi pelupuk mata. Sungguh, wajah yang indah. Dengan biasan cahaya mengelilingi sekitar. Tidak begitu menyilaukan, pun tidak terlalu temaram. Sendu. Sungguh pas dengan aura si pemilik rupa beruah anugerah. Bak suguhan surgawi. Memancarkan binar-binar keanggunan yang jauh dari keangkuhan duniawi.

"Oh, Dewi!"

Serta merta lelaki tua berumur seratus warsa lebih itu bersimpuh. Seperti yang sudah disentil sedikit di atas, bahwa pemilik suara yang membangunkan beliau begitu hangat dan akrab. Ya, beliau memang sangat mengenal sosoknya. Ajaib bertabur heran, Ki Tapa tak luput dibuat takjub pada temu berikutnya. Seakan selalu menjadi sua pertama.

Sang Dewi tersenyum. Lantas mengayunkan tangan sebagai isyarat agar kuncen Camana1 Pulau Pasubala itu bangkit dari simpuhnya.

"Ada apa gerangan Dewi menemui hamba?"

"Aku ingin menunjukkan sesuatu, Ki. Sebelum terlambat."

Ki Tapa hanya mengangguk. Seketika berkedip, saat itu pula beliau dan Sang Dewi Mimpi telah berpindah tempat.

"Dewi, ini ...!"

Lihat selengkapnya