Mahasiswa Labil

agung sulistiono
Chapter #26

Hylocereus

Hylocereus adalah nama marga dari spesies tumbuhan kaktus, untuk spesies ada beberapa diantaranya adalah Hylocereus undatus untuk nama masa kini adalah tanaman Dragon Fruit atau buah naga. Spesies inilah yang diteliti Agus untuk PKL bahkan berlanjut sampai TA tetap menggunakan materi tanaman ini. Untuk mendapatkan materi Agus banyak browsing di internet karena pada tahun -tahun tersebut (circa 2000) mulai banyak menggunakan materi dari internet terutama yang berasal dari jurnal.

Bahkan Agus sampai berkorespondensi dengan professor dari Israel dengan nama Yosef Mizrahi untuk penentuan nama jenis kaktus yang ditelitinya. Karena banyak jurnal tentang kaktus yang dibuat oleh orang Israel, terutama pertanian di daerah gurun dan kaktus merupakan tamanan xerohyta atau tanaman gurun. Pada saat tahun tersebut belum booming berita serangan Israel ke Palestina tetapi sudah menjadi rahasia umum bahwa Israel penjajah tanah Palestina.

Tanaman ini sebenarnya adalah tanaman ephiphit yang menempel pada tanaman lain tetapi tidak menyerap makanan dari makanan yang ditumpanginya.

Jurusan Agus yang dipilih adalah biolgi dan yang dipelajari adalah mengeani mahkluk hidup tetapi berfokus pada mikroorganisme (bakteri), tumbuhan atau hewan bukan ke arah pemebelajaran tentang manusia, ada memang pembelajaran tenatnag manusia tetapi tidak menjadi hal yang utama.

Untuk penelitian tanaman Hylocereus ini memang belum banyak karena Agus pernah mengupload untuk skripsinya untuk di pelajari ternyata ada juga yang membutuhkan dan ternyata yang memebutuhkan adalah student dari Brunei. Oleh Agus ditawarkan untuk datang langsung di Undip untuk melihat hasil penelitiannya.


Lihat selengkapnya