Makhluk Bego

M. Sadli Umasangaji
Chapter #39

Lama Tak Menulis, KTI, Euro 2012, dan OSM

Lama tak menulis, hehehe, kurang lebih sekitar satu bulan saya tak ada tulisan. Akhirnya saya mencoba menulis, walaupun idenya masih keluar masuk di kepala nih. Ya, lama tak menulis karena berutak atik dengan karya tulis ilmiah, tugas akhir saya. Selain itu saya juga keasyikan main OSM, Online Sepak Bola Manajer, dan menikmati menonton perhelatan piala Eropa, Euro 2012, hehehe.

Sebenarnya karya tulis ilmiah bukan alasan sih yang buat saya tak menulis karena sebenarnya banyak sekali waktu luang yang saya miliki, tapi ide yang masih kabur yang membuat saya tak memulai untuk menulis tapi sekarang saya mencoba mulai menulis karena seharusnya saya memaksakan diri menulis, saya kangen untuk menulis, walaupun hanya sekedar berbagi tulisan bego, hehehe.

Uhm tapi bukankah karya tulis ilmiah itu juga menulis ? hehehe. Pastilah beda karya tulis ilmiah ya tulisan ilmiah kalau tulisan saya seperti ini ya tulisan makhluk bego, hehehe. Tapi pada saat menulis karya tulis ilmiah, dosen pembimbing saya mengatakan pada bagian latar belakang dan pembahasan disitulah kita bebas mengekspresikan apa yang pikirkan tentang penelitian yang kita lakukan. Saya mencoba melakukan itu tapi tak semudah saya menulis tulisan seperti ini, hehehe. Saya merasa lebih bebas, entahlah senang juga dan yang terpenting saya belajar membentuk kebiasaan menulis, hehehe.

Dalam penyusunan karya tulis ilmiah, saya mungkin dianggap orang yang beruntung oleh teman-teman saya karena saya mendapat pembimbing yang katanya baik dan membuat saya cepat naik ujian. Diluar dari perkiraan saya juga, waktu itu setelah selesai melakukan penelitian saya bergegas menyusun hasil dan pembahasan, dan saya menyisahkan waktu dua minggu untuk konsul hasil dan pembahasan tapi adanya saya konsul beberapa kali dan belum sampai dua minggu saya sudah disetujui untuk bisa naik ujian, saya tergolong senang tapi bimbang, hehehe. Seperti kata pembimbing saya, ada kelebihannya dan ada kekurangannya, begitulah. Saya mungkin bisa cepat naik ujian tapi disisi lain saya bingung menerka-nerka dimana kesalahan-kesalahan karya tulis ilmiah saya yang mungkin bisa menjadi pertanyaan-pertanyaan yang menjebak saat ujian nanti. Tapi toh pada dasar karya tulis ilmiah saya memang jauh dari kesempurnaan tapi saya telah berusaha meminimalisir kesalahan-kesalahan yang ada, hehehe, ini bukan kata pengantar, huhuhu.

Saya pun sempat merencanakan persiapan-persiapan untuk sebelum naik ujian dari waktu kurang lebih satu minggu, tergolong aneh memang, karena persiapannya diantaranya lari pagi, membaca buku motivasi, memang tak lupa membaca kembali karya tulis ilmiah saya, dan buku metodologi penelitian, serta yang paling pasti konsumsi makanan yang memadai, hehehe.

Dan yang terjadi sebagian besar tidak terlaksanakan, hehehe. Hanya lari pagi sekali, konsumsi pun saya hanya siapkan minuman ringan, membaca karya tulis ilmiah kembali dan buku metodologi penelitian hanya satu hari, dan membaca buku motivasi yang paling sukses satu buku selesai tapi terjadi diluar dugaan, hehehe.

Buku motivasi yang berjudul “Mind Energizer” selesai saya baca dalam kurang lebih 5 jam itu terjadi saat saya menunggu untuk minta tanda tangan persetujuan untuk karya tulis ilmiah. Sebenarnya saya bisa meminta sebelumnya tapi karena saya yang sering lupa nan bego yang membuat saya tak membuat lembar persetujuan saat konsul tapi ini memang diluar dari apa yang saya pikirkan, dan begitulah, hehehe.

Lihat selengkapnya