Makhluk Bego

M. Sadli Umasangaji
Chapter #46

Makhluk Bego Pecandu Menulis


 

“Makhluk Bego Pecandu Menulis” adalah catatan bego seorang mahasiswa gizi yang senang menulis. Semuanya berawal dari dirinya yang mulai senang menulis puisi hingga mencoba menulis artikel. Makhluk Bego Pecandu Menulis artikel pertama yang ditulisnya berjudul ”Kinerja Dosen dan Mahasiswa Harus Saling Melengkapi”. Ini berawal dari dirinya membaca koran langgangan keluarganya yang didalamnya disediakan ruang untuk kolomnis dan tulisan untuk aktivis. Ia hanya berdasarkan semangat, ia hanya ingin tulisannya bisa terlampir di koran itu, ia hanya ingin tulisannya diterbitkan di koran itu. Tak ada alasan lain, ia menulis sebuah tulisan berdasarkan opininya, pikirannya, semuanya hanya berdasarkan pandangannya. Akhirnya tulisannya memang diterbitkan. Betapa terbayangnya perasaannya saat itu, ia sangat senang. Selain artikel itu sebuah puisinya pernah diterbitkan di koran yang sama, puisi berjudul Gizi With Love, Terpesona, Puisi Cinta Ala Nak Gizi.

“Makhluk Bego Pecandu Menulis”, seorang mahasiswa gizi yang senang menulis ini yang belum meraih kemenangan (hehehe) dalam beberapa kali berpartisipasi dalam beberapa lomba diantaranya Lomba Esai-Narasi Pendidikan Kritis 2011 oleh Forum Nasional Pendidikan Kritis-Alternatif dengan judul “Motivasi Belajar dan Kreativitas Menjadikan Belajar Sebagai Rutinitas yang Mengasyikan”, berpartisipasi dalam Lomba Industrial Poster Statistics Competition (ISPC) 2011 oleh Jurusan Teknik Industri UK Petra dengan nama kelompok “Santana Ghidza” dengan judul “Hubungan Asupan Makanan dan Gaya Hidup Terhadap Terjadinya Masalah Obesitas Pada Usia Dewasa Sebagai Masalah Gizi Ganda yang Memperihatinkan Kesehatan Kita”, berpartisipasi dalam lomba Scientific Fair BEM FK UNDIP 2011 dalam lomba esai dengan judul “Menurunkan Kadar Kolesterol dengan Diet Rendah Lemak dan Konsep Puasa Untuk Mencegah Penyakit Jantung Koroner”, berpartisipasi dalam Islamic Science Writing Competition oleh MII LD FMIPA UI dengan judul “Keterkaitan Zat-zat Gizi dalam Makanan dengan Al-Qur’an Sebagai Pengimplementasian Gizi Seimbang dan Peningkatan Kesehatan”, berpartisipasi dalam Short Story Creative Writing 2011 oleh BEM Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya dengan judul “Alunan Simfoni Menulis dan Karyaku”.

Dan selanjutnya “Makhluk Bego Pecandu Menulis”, terbiasa mengikuti lomba menulis dan audisi menulis tapi naskahnya masih belum juga menjadi bagian dari kemenangan, hehehe, diantaranya tulisannya yang berjudul “Penulis itu Mimpiku” partisipasi dalam A Cup Of Tea, “Frustasi ? Menulislah” partisipasi dalam Audisi Menulis Bersama Jonru, “Makhluk Bego Galau di Ruangan 24 IPD” partisipasi dalam Proyek Antologi Komedi Cinta ke-3Kerjasama Blogfam dengan Gradien Mediatama, “Menulis Itu Melegakan” partisipasi dalam Audisi Buku BMGers, “Pecandu Menulis” dan “Semua Serba Tak Terduga; Gizi dan Menulis” partisipasi dalam Inspirasi Galaxy Cinta. Ya, karena hal inilah kata-kata yang menginspirasinya adalah “Bila Gagal, Mencoba Sekali Lagi”, hehehe.

“Makhluk Bego Pecandu Menulis” juga merupakan catatan bego mahasiswa gizi dalam menjalani kesenangannya dalam menulis, kegagalannya dalam menulis, minat menulisnya, semangat menulisnya, belajar menulisnya, dan cara menulisnya.

 

Dunia Antara Aku dan Tulisanku

 

Menulis itu indah

Seindah aku menikmati kegagalan menulisku

Seindah aku menikmati minat menulisku

Seindah aku menikmati semangat menulisku

 

 

Menulis itu nikmat

Senikmat aku menikmati kesedihan menulisku

Lihat selengkapnya