Galasin yang gue maenin ini bukan sekedar permaenan yang dimulai dari hompimpa alaium gambreng. Ini pertandingan galasin yang lumayan akbar. Turnamen galasin antar RT. Acara yang diadain dari hasil rembukan bareng temen gue si Saki dan konco-konco beberapa bulan kemaren.
Jadi awalnya, gue ama temen-temen gue yang di sekitar rumah, pengen banget bisa bikin acara buat di RW kita gitu. Ajak RW tetangga juga mungki soalnya temen kita ada yang beda RW. Rata-rata ini temen pas dulu SD ama SMP yang masih sering ngumpul bareng. Kita ngerumusin dulu problema ama pesan apa yang mau diangkat baru nantinya bikin kegiatan yang bisa dijadiin sarana buat nyampein pesannya. Dari situ, akhirnya setelah beberapa kali ngobrol, kita dapet juga tema yaitu buat ngebahas soal kasus kecanduan gadget. Kita enggak menyalahi gadget, kita cuma ingin bisa berpikiran lebih luas terhadap perihal kecanduan gadget yang agak ramai jadi wacana di banyak artikel.
Masalah kecanduan gadget ini banyak ketuju pada anak-anak sebagai targetnya. Banyak yang nyinggung anak-anak kecil jaman sekarang enggak tau asiknya main di luar lah, enggak tau serunya permainan tradisional lah, enggak ngerasain asiknya main sambil nyeker ama ngojay di empang ampe magrib terus baru pulang pas disamperin emaknya lah, dan lain sekenanya. Kalo kata gue sih mungkin emang bener begitu adanya tapi kita-kita nyoba mikir apa semua ini sekedar kekeliruan bocah-bocah semata sampe sering beralih ke gadget? Apa yang bikin mereka dikit-dikit beralih ke gadget? Kita ngecek lagi game kayak gimana yang mereka mainin. Ternyata kan kebanyak bentuknya game multiplayer, dimainin lebih dari satu orang yang ketemu dalem satu server, satu ruangan maya. Mereka ngumpul bareng buat ngegame, ngumpul buat diskusi game ama strategi, mereka saling interaksi, mereka masih bersosialisasi. Jadi ya enggak semata-mata buruk, masih banyak sisi positifnya. Cuma perlu digali lagi kenapa mereka akhirnya untuk bisa maen bareng ama diskusi bareng harus lari ke gadget lagi dan lagi.