PARADOKS

Robin Wijaya
Chapter #23

FRAGMEN 2 - CHANDRA. Chapter 7

Pernah nggak, berpikir kalau kita pengin nolongin seseorang, tapi orang yang mau kita tolong tersebut sepertinya nggak mau ditolong sama sekali?

Ibaratnya, kalo ada orang yang bergelantungan di jurang pakai tali, kita pengin banget ngulurin tangan ke orang tersebut buat bantu dia naik ke atas. Tapi, orang itu nolak dan lebih milih bertahan di tali yang dipegangnya. Masalahnya kita tahu, dia nggak bakal selamat di menit-menit selanjutnya. Kita tahu, dia nggak bakal kuat dan akhirnya melepaskan tangannya dan rela jatuh ke jurang. Atau malah bisa jadi talinya yang putus duluan.

Dalam hal ini, kondisi tersebut nggak jauh beda dari Bima. Saya tahu dia punya masalah, dan saya pengin banget bantuin dia. Tapi masalahnya Bima sendiri seperti selalu berpura-pura kalau dia nggak punya masalah. Kayaknya, dia baik-baik aja. Sejujurnya saya takut kalau ada sesuatu yang bakal terjadi sama Bima suatu hari nanti. Bima bakal ngelakuin hal-hal yang semestinya nggak perlu dia lakuin. Saya tahu banget kalo Bima itu temperamental.

Kalo lagi kayak gini nih, si Amri nggak ada kabarnya. Pikiran jelek sya sering berkata Amri agak kurang setia kawan. Di satu sisi Bima mati-matian buat selalu nolongin dia, di satu sisi lagi Amri sering kayak orang nggak tahu terima kasih.

Hari ini kebetulan ada acara Porseni di sekolah yang biasa diadain di akhir tahun sebelum libur Natal dan tahun baru. Yang ngurusin anak-anak OSIS. Mereka bikin semacam pementasan yang diisi hiburan dari kelas-kelas. Ada lomba juga. Banyak dan macam-macam. Pertandingan olahraga seperti sepak bola, voli, dan catur. Terus ada lomba baca puisi, tari, sama nyanyi. Ada juga lomba masak, bikin nasi tumpeng sampai cerdas cermat. Lumayan ramai lah, perayaannya sekitar tiga hari, dan besok adalah hari puncaknya.

Kebetulan kelas saya berpartisipasi dalam lomba voli, cerdas cermat, dan paduan suara hari ini. Untuk lomba voli, kelas saya ketemu lawannya sama kelas Amri. Yakin menang deh, kelasnya Amri agak payah nih cowok-cowoknya. Sementara lomba paduan suara diadain paling siang, setelah lomba cerdas cermat.

Saya bawa kamera yang waktu itu dipakai buat foto pas saya, Amri, dan Bima membongkar kasus pencurian di toko. Saya senang aja foto-fotoin orang. Lagian, ini kan buat kenang-kenangan. Kata orang, masa SMU itu masa paling indah. Banyak hal-hal yang bisa dikenang dan dijadiin bahan cerita kalo kita udah tua nanti. Lagian kelas saya juga anak-anaknya asik. Makanya saya izin sama Papa buat bawa kamera dan mendokumentasikan Porseni hari ini. Hasil fotonya bisa jadi kenang-kenangan kalau udah lulus nanti.

Karena nggak ikut pertandingan voli, jadi saya bisa ngambil foto yang agak lumayan. Ada Amri yang ikut mewakili tim kelasnya. Kelas dia kompak pakai seragam biru gelap. Amri jadi orang yang servis pertama. Cewek-cewek udah banyak yang bersorak mendukung dia. Nah, kan, saya bilang apa? Amri tuh banyak banget yang mengidolakan. Sekarang, dia lagi siap-siap di belakang garis lapangan, melempar bola ke atas, bola mengapung, dan lewat sekali pukulan yang kuat udah nyebrang net. Waktunya ngambil gambar nih. Saya membidik lewat lensa, meski susah banget. Gambar yang dicetak nanti pasti goyang nih. Masalahnya saya nggak yakin kamera tua ini bisa menangkap bayangan orang bergerak atau nggak. Biasanya sih, hasil gambarnya jadi agak kabur dan kurang jelas. Dan sayangnya, cuma bawa dua rol kamera isi 36 juga. Sepertinya, saya harus bijak menggunakan isi filmnya.

 

* * *

 

Pertandingan voli selesai.

Lihat selengkapnya