Perempuan Rantau

Kikiiut
Chapter #13

Chapter #13 Pertemuan Awal dengan Yarista

~Niranda~


Kalian pernah dengar istilah ini? Don’t judge a book by it’s cover. Kalau gue sih udah nggak heran ya sama orang-orang yang sering ngatain gue ‘judes’. Itu artinya, orang itu nggak kenal sama gue.

Ya beginilah kepribadian gue. Omongan gue kadang suka ceplas-ceplos, yang sebagian orang bakal mikir mulut gue ini pedes, padahal gue kalo ngomong ya sesuai fakta. Gue sadar kok, kadang gue keterlaluan kali, ya. Tapi ini cara gue buat bertahan. Gue bukan tipe orang yang suka sok caper. Tapi gue akuin, ada satu hal yang buat gue jadi orang yang munafik. Bukan gue sok caper, tapi gue nggak tau gimana caranya menjauh dari circle ini.

Nggak hanya judes dan bermulut pedes, gue sering dikatain nggak punya empati sama orang. Gue cuma males ikut campur urusan orang lain. Kenapa orang-orang masih nggak bisa bedain mana peduli dan mana orang yang kepo, sih?

Sejak tinggal di Hong Kong dari tahun 2014, gue bersyukur bahwa gue dianugerahi badan yang bagus dan kulit yang eksotis. Dulu waktu gue masih di kampung, gue sering diejek. Tapi di sini, gue disukain banyak orang. Makanya, gue gampang banget beradaptasi. Ternyata benar ya, kalau kita bakalan dihargai di tempat yang bisa nerima kita apa adanya.

Tapi itu dulu, sih. Gue yang sekarang udah ngerasa capek banget. Menurut gue, karena gue terlalu membanggakan diri makanya gue ngerasa udah melangkah terlalu jauh, dan gue takut lupa jalan pulang. Sampek akhirnya, gue ketemu sama Yarista.

Gue sama Linda nggak terlalu dekat, kok. Cuma kita emang pernah beberapa kali satu kelompok waktu ditugaskan ngobrol sama bule pakai bahasa Inggris. Siapa pun yang satu kelompok sama gue, semua dapet nilai bagus. Ya nggak sombong ya, tipe gue emang yang paling disukain sama para mas-mas bermata cerah itu. Sekali mereka lihat gue, katanya ngobrolnya asyik.

Sampai suatu hari, ada kejadian ribut-ribut di kelas. Gue inget banget, hari itu mau ada ujian. Jadi gue datang awal sengaja buat belajar. Di rumah majikan, gue nggak ada kamar, dan itu menghambat aktifitas gue buat belajar. Entah apa yang diperebutkan, gue dengar si Linda nyebut-nyebut nama Yarista. Di situ, ada satu cewek yang dulu juga alumni kelas itu. Namanya, Nisa. Dulu dia ceweknya si Tony.

Tau nggak kalian, Tony itu dulunya berpenampilan cewek. Gue kenal Tony dan Nisa jauh sebelum gue masuk ke kelas bahasa Inggris. Yang nyaranin gue buat belajar ke sana pun juga Tony. Karena dia nyambi ngajar di kelas bahasa Inggris itu, di samping job lainnya yang sering ngantar anak ke Makau. Sebenarnya gue juga nggak kenal-kenal banget sama dia, karena itu pun gue dikenalin sama teman gue. Tiap Tony datang ke perkumpulan teman-teman gue, pasti selalu ajak Nisa.

Gue pun dulunya manggil dia masih nama asli. Namanya Niken. Tapi entah dia dapet wangsit dari mana, gue dengar tiba-tiba dia ganti nama jadi Tony. Dulu rambutnya sebahu dan dia cukup cantik. Makanya waktu gue ketemu dia di kelas bahasa Inggris, gue kaget bukan main. Sejak saat itu, gue pun terbiasa manggil dia sebagai Tony.

Dan di hari itu, gue inget banget Mei 2019, gue nggak tau kenapa di hari itu tiba-tiba Nisa datang ke kelas lagi. Gue yang waktu itu sengaja mojok di bawah pohon buat hafalin materi karena mau ada ujian, mendadak nggak fokus perkara mereka yang bertengkar di kelas.

“Tau gitu aku dengerin omongannya Yarista!” seru Linda sampek ngebuat gue noleh ke arah mereka.

“Dek, aku bisa jelasin.”

Drama pagi. Untungnya waktu itu belum banyak yang datang. Tapi gue juga inget banget, cukup banyak juga yang ikut menyaksikan pertengkaran 2 sejoli 1 spesies itu.

“Ken, lu bilang katanya cuma gituan sama gue doang!” seru Nisa ikut-ikutan ngamuk. “Setelah kita putus, gue kira elu sadar diri, Ken!” Nisa itu sebenarnya nggak cantik-cantik amat. Dia cuma ketolong kulit putih doang. Orangnya pendek, bokongnya semok, rambutnya diwarnain pirang dengan bentuk ikal panjang.

Gue masih memfokuskan pandangan gue ke arah buku hapalan yang gue bawa. Tapi telinga gue arahkan ke arah serunya getaran pertengkaran itu. Gue kalo daftar jadi intel, pasti lolos.

“Kamu lupa, yang ngebuat aku jadi kayak gini itu ya kamu, Nis!” teriak Niken.

Saat itu gue benaran noleh ke arah perdebatan. Baru kali ini gue lihat Niken semarah itu. Bukannya gue asal nebak, tapi memang kata teman-teman gue, sejak dia dekat sama Nisa tiba-tiba Niken mencukur rambutnya jadi tomboy.

Gue lihat, beberapa pengurus kelas ikut melerai. Nisa pun akhirnya pergi tanpa ada yang mengejar. Diam-diam, gue seneng dia pergi. Kok bisa-bisanya setelah dia merusak Tony, lalu dia pergi gitu aja, dan berpikir si Tony bakal balik menjadi Niken dengan sendirinya.

Nisa itu 2 tingkat di atas gue. Waktu gue masih jadi anak baru di kelas, Nisa menjadi alumni yang sering datang. Apalagi pas Tony nggak ke Makau.

Lihat selengkapnya