Rewind>>

Syarifah Suharlan
Chapter #14

Dosen Frozen

DOSEN FROZEN

 

           Aku mungkin bukan pujangga…

           Aku mungkin tak selalu ada…

           Ini diriku apa adanya.

 

Itulah sepenggal bait lagu dari kelompok musik BaseJam. Hidupku juga seperti alunan musik terkadang fals dan terkadang merdu seperti Lesti Kejora sang pengalun suara.       

Aku adalah dosen yang pernah dibekukan kegiatan mengajarnya selama satu tahun oleh dekan fakultas yang kurang berintegritas. Aku juga pernah dibekukan komunikasi japriku oleh kaprodi baru yang seperti berdarah biru. Dalam kekosongan kegiataan, aku menyibukkan dengan komunitas baca buku, dan komunitas jalan kaki. Dari komunitas baca buku aku mengirimkan cerita-cerita pendek yang berhasil diterbitkan oleh penerbit buku baik dalam kategori QRCBN dan juga ISBN.

           QRCBN adalah aplikasi pengidentifikasian buku dengan teknologi terbaru dengan QR Code, pindainya akan menampilkan lebih banyak informasi tentang buku yang sudah diterbitkan. Setiap buku yang terbit akan memiliki nomor identifikasi yang berbeda.

           ISBN (International Standard Book Number) adalah kode pengidentifikasian buku yang berisi judul, penerbit dan kelompok penerbit. ISBN terdiri dari deretan angka 13 digit sebagao pemberi identifikasi terhadap satu judul buku yang diterbitkan oleh penerbit. ISBN diberikan oleh Badan Internasional. ISBN berkedudukan di London, Inggris. Di Indonesia, Perpustakaan Nasional RI adalah badan Nasional ISBN yang berhak memberikan ISBN kepada penerbit yang berada di wilayah Indonesia. Perpustakaan Nasional RI mempunyai fungsi memberikan informasi, bimbingan dan penerapan pencantuman ISBN sert KDT (Katalog Dalam Terbitan). KDT adalah deskripsi bibliografi yang dihasilkan dari pengolahan data yang diberikan penerbit untuk dicantumkan di halaman balik judul sebagai kelengkapan penerbit.

Lihat selengkapnya