Rewind>>

Syarifah Suharlan
Chapter #40

Mendeley 2024

MENDELEY 2024

 

           

 

           Tahun 2023 sudah aku tinggalkan dengan rindu dendam yang kujinakkan dengan kegiatan perkuliahan. Menyibukkan diri dengan kesehatan jiwa sehari-hari. Pasrah, ikhlas, dan tawakal bahwa akan ada hikmah di setiap perististiwa manusia yang percaya akan kebesaran kuasa tuhan beserta hukum alam milik tuhan.

           Walau sembuh hati masih berkisar di angka 40% namun sudah banyak kemajuan untuk tidak berlama-lama dalam kesedihan. Dalam proses prosentasi itu mimpi-mimpi aneh sering hadir di tidur malamku. Seperti memberi isyarat akan kejadian sesuatu di masa depan.

           Pengangkatan ketua program studi Pendidikan Agama Islam telah memiliki SK Dekan. Kali ini seorang lelaki muda yang menjabat tugas kaprodi itu. Aku yang selama ini hanya silent saja, mengikuti saja program-program yang terjadwal dan mengikuti kegiatan bimbingan teknis penulisan apabila aku dikirimkan undangan resmi untuk mengikuti kegiatan itu.

           Karena kaprodi masih berusia muda dan memiliki tiga anak yang masih berusia balita, maka terkadang dia menelponku untuk menggantikan peran mengikuti bimtek jurnal-jurnal penulisan. Dan karena jargon di hatiku adalah “bersibuklah maka hatimu yang luka akan sembuh dengan waktu”, selalu kuterima permintaannya untuk menggantikan dirinya yang sibuk mengurus tiga anak balitanya itu.

           Ruang rapat rektor sudah dipenuhi beberapa dekan dan kaprodi dari berbagai fakultas.

Meja panjang untuk rapat telah dipenuhi laptop dan sambungan kabel untuk tempat mengisi daya charger apabila laptop sudah tertera gambar battery setengah terisi.

           Bapak warek III mempersilahkan aku duduk di kursi biru tanpa ada meja di depanku. Aku duduk tenang dan menaruh disisi kursi tas punggungku yang berisi laptop berwana merah maron.

           Seorang pembimbing perempuan muda sangat cerdas dan taktis dalam menjelaskan dan memperkenalkan teknik-teknik penulisan ilmiah. Mencari ide tema, menemukan judul yang sesuai disiplin ilmu, merumuskan indikator penelitian kemudian melatih kepintaran pandangan mata dan jari-jari di atas keyboard laptop untuk terbiasa menggunakan sebuah aplikasi mendeley.

           Mendeley adalah program yang berbasiskan desktop dan web yang digunakan untuk mengelola dan berbagi makalah penelitian, menemukan data penelitian, dan berkolaborasi secara online.

           Ditambahkan lahi program ini menggabungkan antara desktop, aplikasi manajemen pdf. Dan referensi tersedia untuk sistem operasi Windows, Mac dan Linux.

Lihat selengkapnya