SAMPAI NANTI SAATNYA TIBA

sbwjsnd
Chapter #7

#7 - Bukan Tradisi Kita

Di Belanda ulang tahun yang paling spesial adalah ketika umurmu 5, 10, 15, 20 dan 21 yang di sebut "crown years". Di ulang tahun tersebut, mereka akan diberikan hadiah mewah oleh para orang tua dan juga orang-orang terdekat. Diumur selain angka-angka tersebut, biasanya hanya akan diberi cadeautjes (kado-kado kecil dalam bahasa Belanda). Yang ulang tahun bisa request kado apa yang dia inginkan dengan catatan harganya tidak boleh lebih dari €15 biasanya.

Di Irlandia, anak yang berulang tahun ke-21 akan diberikan kunci rumah sebagai tanda kedewasaan dan juga kebebasan untuk pergi dan pulang ke rumah sesukanya.

Di Australia ada tradisi yang disebut "fairy bread" yaitu makanan yang wajib disajikan di hari ulang tahun. Hanya roti tawar diolesi dengan mentega dan dihiasi dengan sprinkle warna warni diatasnya.

Sama halnya dengan tradisi di China yang mewajibkan untuk menyantap mie di hari ulang tahun. Karena mie dianggap sebagai doa untuk umur yang panjang.

Di Kanada, tradisinya lebih unik. Yang berulang tahun akan diolesi mentega di hidungnya hehe. Bukan satu loyang kue ulang tahun di lempar ke muka seperti yang dilakukan teman-temanku dulu sewaktu jaman kuliah, itu namanya jahil haha. Katanya mentega dilihat sebagai suatu hal yang licin dan dipercaya bisa menjauhkan orang yang berulang tahun dari kesialan.

Tradisi lainnya seperti tarik menarik daun telinga di beberapa negara seperti Rusia, Hungaria, Brazil dan Argentina. Orang-orang akan menarik telinga orang yang berulang tahun dengan harapan umur yang panjang untuknya.

Di Inggris lebih lucu lagi. Yang berulang tahun akan menjadi raja/ratu sehari dan dia akan diayun-ayunkan oleh teman-temannya. Jumlah ayunan sesuai umur yang berulang tahun. Jika saat itu adalah ulang tahunnya yang ke-20 maka dia akan diayun-ayunkan selama 20 kali.

Lihat selengkapnya