Semesta Ngehe!

E. N. Mahera
Chapter #1

Semesta Ngehe!

Ola, Pembaca!

Nama gua Deni, alias Deden, alias Den. Dan gua ada temen yang punya kisah cinta kayak di film-film. Nama temen gua itu: Kurniawan. Fyi aja, karena nama ‘Kurniawan’ kedengeran rada tua, maka orang-orang di sekitar—termasuk gua—biasa manggil anak ini ‘Wawan’. Tapi Wawan juga punya banyak nama panggilan lain, mulai dari Kur, Awan, Kurnia, sampe Ayam. Panggilan ‘Ayam’ ini asalnya karena ada yang plesetin nama Kurniawan jadi Kur, terus Kurkur, terus Kukuruyuk, dan jadilah Ayam.

Gua sama anak-anak, di sekolah dan lebih khususnya di tongkrongan, sayang banget sama si Wawan Ngehe ini karena doi setia kawan dan orangnya tulus banget, lu ajak doi ngapain aja tuh kemungkinan besar doi mau. Dulu, seandainya gua ada benci orang terus gua pengen bunuh itu orang, gua bakal ajak Wawan, dan gua yakin Wawan pasti mau.

Gua sama Wawan tinggal sekomplek dari bocah, makanya bisa dibilang doi nih temen kecil sekaligus temen baik gua, apalagi kami juga masuk ke SD, SMP, dan SMA yang sama. Bahkan kami selalu sekelas dari SD sampe SMA kelas 2. Fyi, pas kelas 3 SMA kami harus pisah kelas karena Wawan naek kelas, gua kagak. Waktu itu gua sering bolos sekolah buat main warnet, dan hasilnya gua kagak naek kelas (sedih banget kalo inget waktu itu).

Wawan ini unik, doi paling jago berantem di tongkrongan karena badannya gede, tapi doi juga yang paling sering dicengin sama anak-anak. Wawan ini manusia yang gak gampang sakit hati, hidupnya woles aja, keliatannya dia kayak gak pernah punya masalah dan orangnya ngikutin arus aja. Dulu, gua pikir orang-orang kayak Wawan ini pasti bahagia. Ternyata, nggak juga.

Selama gua kenal Wawan, dari bocah sampe SMA, setau gua doi gak pernah punya pacar. Gua gak tau alasannya apa, mungkin (maaf, ya, Wan) karena dari SMP sampe SMA badan doi gendut banget. Faktor fisik ini yang mungkin ngebikin cewek gak naksir ama doi, atau mungkin doi yang minder deketin cewek, entahlah, waktu gua sama Wawan jarang banget ngobrolin soal cinta dan semacamnya.

Dari kami bocah sampe awal SMA, hidup Wawan kayak remaja gak laku pada umumnya yang bersemboyan: ‘tujuan hidup setiap insan muda adalah nongkrong’. Kerjaan doi tuh nongkrong tiap hari, mau di sekolah atau di komplek, di mana ada tongkrongan di situ pasti ada Wawan. Tapi, waktu kami mulai masuk SMA, si Wawan mulai aneh. Ada masa-masa ketika doi jarang keliatan di tongkrongan. Pas gua nanya doi ke mana aja, Wawan bilang kalo dia lagi demen-demennya olahraga. Olahraganya aneh-aneh pula.

Selama kelas 1 SMA, Wawan ikut semua kegiatan olahraga, dari basket, bola, sampe yang paling aneh, lompat jauh. Gua masih inget, pernah sekali, gua, Wawan, dan temen-temen lain iseng jauh-jauhan lompat di bak lompat jauh, dan hasilnya lompatan Wawan yang paling jauh padahal badan dia yang paling berat di antara kami. Waktu kami baru masuk SMA, berat Wawan itu sekitar 100 kilo (mungkin), dan dalam setahun dia bisa nurunin sekitar 30-an kilo. Entah gimana caranya. Pokoknya kalo lu liat fotonya Wawan pas baru masuk SMA dan lu bandingan sama foto doi pas kelas 2 SMA, lu pasti kaget, badannya Wawan kayak jempol jadi kelingking dalam waktu setahun aja. Satu lagi anehnya si Wawan waktu itu. Selama kami kelas 1 SMA, dia pasti berdiri di pintu gerbang sekolah atau nongkrong di pos satpam waktu jam pulang. Wawan bahkan sampe akrab banget sama satpam sekolah yang jarang senyum.

Waktu itu gua sama sekali gak curiga sama kebiasaan aneh si Wawan karena gua biasanya udah buru-buru ke warnet setelah jam pulang sekolah, atau gua emang gak sempet ke sekolah karena warnet udah memanggil gua dari pagi.

Walaupun gua jarang ada di sekolah, gua tetep bersikap layaknya bocah lelaki SMA pada umumnya, gua tetep mantau para daun muda di sekolah dan coba pdkt ke beberapa cewek. Dan setelah pdkt sana-sini, akhirnya ada yang mau jadi pacar gua. Fyi, gua rada gak enak nyebut nama mantan gua ini karena saat gua nulis cerita ini (ampir 1 dekade setelah masa SMA), gua masih sayang sama dia. Tapi, demi kepentingan cerita, kita sebut aja nama mantan gua ini: Mawar B.

Suatu hari, Mawar B. bilang, "Yang, kayaknya temen aku ada yang suka sama temen kamu."

“Temenku yang mana?”

“Wawan.”

“Wawan? Wawan Ayam?”

“Iya.”

“Temen kamu yang mana?”

“Nuri,” kata Mawar B.

Fyi, kami berempat (gua, Wawan, Mawar, Nuri) tuh satu angkatan tapi beda kelas. Gua sama Wawan sekelas, Mawar B. sama Nuri kelas lain. Setau gua, Mawar B. sama Nuri tuh gak besti-besti amat, tapi karena sekelas, hubungan mereka lebih dari ‘asal kenal’. Gua pun kenal sama si Nuri, beberapa kali gua sempet kongko bareng di kantin sama Mawar B., Nuri, dkk.

“Oke,” kata gua ke Mawar B. setelah dapat info kalo ‘Nuri kayaknya suka sama Wawan’.

“‘Oke’ doang?”

“Maksudnya?”

“Kamu gak mau kita comblangin mereka?”

“Kayaknya si Wawan gak suka cewek deh, Yang.”

Mawar mukul lengan gua. “Aku serius!”

Gua balik nyubit dia. “Aku becanda!” Terus gua ketawa.

Muka pacar gua itu langsung keras. Dan abis itu kami berantem karena jawaban gua barangkali kurang memuaskan relung hati terdalamnya dan mungkin tak juga menyejukkan kehampaan sanubarinya.

(Kayaknya gua harus cerita dulu soal Nuri). Nuri ini gak cantik-cantik amat waktu itu, tapi doi gak bisa dibilang jelek juga. Mungkin alasan kenapa gak banyak orang yang naksir sama dia karena waktu SMA badannya Nuri lumayan berisi. Kalo gua inget-inget lagi, waktu itu Nuri sebenarnya punya ‘materi’ buat jadi cewek cantik, hidungnya mancung, kulitnya putih, dan matanya bagus. Gua gak bisa deskripsiin sebagus apa matanya Nuri, yang pasti kalo dia natap mata lu, ada yang beda gitu sama tatapannya. Tapi bukan mistis, ya. Lu tau artis Hollywood Mila Kunis? (Coba cari di Google dulu kalo gak tau!) Nah, matanya Nuri persis kayak si Mila Kunis gitu. Pokoknya ada sesuatu di matanya. Kalo kata Tohari, mata si Nuri ini bisa dibilang mata yang enak dipandang’. Kalo aja waktu itu dia rada kurusan dikit, gua yakin banyak yang naksir sama dia. Apalagi bokapnya Nuri tuh perwira Isilop, artinya kemungkinan bokapnya bisa jadi jenderal.

(Balik lagi ke cerita). Setelah Mawar B. ngambek, gua pun bersedia untuk terlibat dalam proses perjodohan dua temen kami itu. Dan menurut Mawar, langkah pertama yang bisa gua lakuin adalah bilang ke Wawan kalo Nuri suka sama Wawan. Terus, gimana pun caranya, Wawan harus nembak Nuri. Gua awalnya gak mau terlibat sejauh itu, tapi karena gua males ladenin Mawar B. ngambek dan gua juga sebenarnya pengen Wawan punya pacar, gua akhirnya janji buat ngikutin semua rencana pacar tersayang.

Janji gua ke Mawar B. itu gua wujudin pas gua sama Wawan boncengan di jalan pulang abis main futsal sama anak komplek. Doi yang bawa motor.

“Wan, lu ada suka cewek, gak?”

Si Anjing pura-pura gak denger pertanyaan gua.

“OI, BANGSAT!” Gua nepuk pundak dia.

“Kenapa, Den?”

“Lu ada suka cewek, gak?”

“SUKA CEWEK?” Si Anjing rada teriak. “SIAPA?”

“SIAPA AJA. DI SEKOLAH ADA, GAK?” Gua juga teriak.

“LU SUKA CEWEK DI SEKOLAH, DEN? BUKANNYA LU PUNYA PACAR?”

Gak gua terusin obrolan itu karena percuma ngobrol sama Wawan di atas motor. Si Anjing ini kadang emang budeg.

Sampe rumah, gua langsung mandi terus balik lagi ke rumahnya si Wawan. Gua udah janji ama Mawar B. kalo gua bakal ngomong malam itu juga.

Di rumah Wawan, karena rumah doi kebetulan lagi gak ada orang, gua sama Wawan duduk di teras belakang sambil nyebat garpit. Kongko kami waktu itu dilatari lagu ‘Pesawat Tempurku’ Iwan Fals yang Wawan puter di speaker kecilnya.

Selama 30 menit awal kami kongko berdua, gua belum berani mulai obrolan soal Nuri. Waktu itu gua sama Wawan gak biasa bahkan gak pernah ngobrolin cewek. Entah kenapa gua selalu ngerasa gak enak ngomongin cewek sama Wawan, padahal kalo sama temen-temen lain, gua berani mengulas secara ugal-ugalan para daun muda yang ada di komplek, di sekolah, atau yang kebetulan keliatan mata. Fyi, ulasan lawan jenis kayak gini tuh emang biasa kejadian di tongkrongan cowok, bahkan kadang ulasan kami kelewatan sampe hal-hal yang tabu, tapi entah cuman gua atau gimana, ada beberapa temen cowok yang rasa-rasanya gak pas buat diajak ngulas cewek. Wawan salah satunya. Gua suka ngobrolin apa aja sama Wawan, kecuali soal cewek. Rada gak enak aja gitu. Gak tau kenapa.

Setelah 30 menit lewat gua mikir-mikir, akhirnya gua ngomong, “Wan, lu kenal Nuri?”

“Nuri?” Si Anjing pura-pura gak mudeng.

“Waktu itu dia pernah ikut nongkrong di kantin sama pacar gua. Dia sekelas sama Mawar B.”

“O, iya, gua inget. Kenapa, Den? Lu juga suka sama dia? Jangan gitu, Den, Si Mawar B. kan baik banget, Bangsat!”

“Anjing! Gak!”

“Terus?”

“Nuri suka sama lu.”

Lihat selengkapnya