Semesta Ngehe!

E. N. Mahera
Chapter #3

Akew yang Menyakiti

Ola, Pembaca!

Nama gua Deni, alias Bro. Dan kali ini gua bakal lanjutin cerita cinta Andri K. Widyoseno (A.K.W) alias Akew dan pujaan hatinya Putri.

(Langsung ke inti cerita). Jadi, setelah Akew ditolak karena Putri udah punya cowok anak SMA, hidup Akew ancur-ancuran. Doi galau gila-gilaan. Kebangetan. Keterlaluan. Parah.

Masalahnya, kegalauan Akew bikin gua repot, ampir tiap hari doi ngunjungin kamar gua. Dan gak cuman gua yang jadi korban, Akew juga makin gila-gilaan mencurahkan isi hatinya ke Mbak Vivi (kakak gua). Doi bahkan gak malu lagi nangis di depan gua dan Mbak Vivi.

Yang masih gua inget sampe sekarang dari masa-masa galau Akew tuh doi selalu muter lagu ‘Tiada Lagi’-nya Mayang Sari saat ngegalauin Putri di kamar gua. Fyi, gua gak tau referensi musiknya si Anjing ini dari mana sampe-sampe lagu galau doi harus tembang kenangan yang biasa didengerin tante-tante buat nostalgia.

Keadaan Akew di sekolah lebih parah, doi sering murung dan gak pecicilan kayak dulu, doi gak aktif lagi buat caper ke Putri. Ini ngebikin semua orang ngerasa ada yang aneh sama Akew, bahkan ada guru yang nanya, "Andri, kok kamu sekarang sering diem?" Akew gak jawab, senyum doang. Mungkin Akew gak mau orang-orang tau soal penolakan Putri. Saat itu, di sekolah cuman tiga orang yang tau: gua, Akew, sama Putri. Dan salutnya gua sama Putri, Putri gak ngomong ke siapa pun kalo dia nolak Akew.

Penolakan Putri juga bikin Akew jadi besti gak asik. Seperti yang kita tau, patah hati itu mainnya mental, dan dampaknya ke Akew tuh doi jadi susah diajak ke mana-mana, nongki gak mau, becanda sulit, ngomong pun jarang. Selama beberapa saat, Akew bukan Akew yang dulu lagi.

Tapi, semua itu berakhir di kelas 3 SMP, berbulan-bulan setelah penolakan itu. Suatu sore, Akew datang ke rumah dan tanpa cacicu-babibu langsung ngomong, "Putri udahan! Putri putus, Bro!" Ekspresi doi riang gembira serta ada seutas senyum agak nyengir yang udah lama gak gua liat.

Ngeliat Akew ceria lagi setelah sekian lama, entah kenapa gua ngerasa kalo saat itu untuk pertama kalinya gua liat bukti orang yang sayangnya tulus banget ke orang lain. Oke, waktu itu kami emang masih SMP, tapi dari apa yang gua liat, gua berani bilang bahwa perasaan Akew ke Putri tuh bukan cinta monyet ‘mainstream’. Itu cinta dewasa yang biasa ada dalam novel, dan pertama kali gua liat di kehidupan nyata lewat Akew.

Dan hari itu juga, Akew bilang ke gua kalo doi punya rencana nembak Putri untuk kedua kalinya. Gua langsung gak setuju karena gua takut doi bakal ditolak lagi. Akew maksa. Gua bilang jangan. Akew bilang doi sayang banget sama Putri. Gua larang. Akew bilang doi gak bisa kontrol. Gua bilang bisa. Akew gak percaya. Dan seterusnya kami debat sampe Mbak Vivi muncul di teras dan nanya kami kenapa. Akhirnya, Akew cerita semua rencananya.

Setelah denger rencana Akew buat nembak Putri kedua kalinya, muka Mbak Vivi berubah kisut. "Kamu yakin, Dri?" Kata Mbak Vivi ke Akew. Dari intonasi suara dan ekspresi muka, keliatan kalo Mbak sependapat sama gua: Putri bukan untuk Akew.

"Yakin, Mbak. Mumpung sempat. Jangan sampe keduluan Putri balikan."

Seterusnya, Mbak Vivi bantuin gua cegah Akew bertindak gegabah. Menurut Mbak, akan jauh lebih baik kalo Akew coba lupain Putri. Tapi, Akew sebagai pelakon utama masih mau berjuang sekali lagi.

"Gimana kalo kamu pdkt dulu? Ajak Putri baik-baik. Tapi kali ini kamu harus pake cara yang beda dari yang sebelumnya," kata Mbak, ngusul.

"Maksud Mbak?"

"Coba kali ini kamu perlakuin Putri kayak temen aja. Jangan dulu ajak Putri jalan apalagi langsung nembak. Kamu observasi dulu."

"Caranya, Mbak?" Kata Akew, nampak tolol, persis beberapa bulan sebelumnya.

Waktu Mbak Vivi sama Akew ngobrol, gua yang ada di situ cuman planga-plongo kayak Jokowi, persis beberapa bulan sebelumnya.

"Den, tempat duduk kamu di belakang Putri, kan?" Kata Mbak Vivi ke gua.

Gua ngangguk.

"Besok, coba kamu pinjem pulpen Putri. Nah, waktu jam pulang, jangan dulu dibalikin, kamu sama Andri langsung jalan keluar kelas bareng-bareng,” kata Mbak Vivi ke gua, lalu natap Akew, “Setelah itu, kamu, Dri, balik sendiri ke kelas, temuin Putri, dan kasih pulpen itu. Setelah itu kamu coba ngobrol sama Putri."

“Ngobrol apa, Mbak?” Kata Akew.

“Ngobrol kayak temen ke temen.”

“Maksudnya, Mbak?” Kata Akew lagi.

“Tolol! Pikir sendirilah, Kew!” Kata gua, motong Akew karena kesel.

“Jadi diri kamu sendiri aja, Dri. Obrolan kalian jangan dibuat-buat! Jangan dicari-cari! Ngobrol biasa aja. Kayak temen ke temen aja,” kata Mbak.

Akew narik satu napas panjang, buang, dan diem.

"Tapi, Mbak, gimana kalo pas jam pulang Putri langsung minta pulpennya balik?" Giliran gua yang nanya.

"Berarti kalian butuh satu orang lagi sebagai pengalih perhatian yang ngajak Putri ngobrol pas jam pulang supaya kamu sama Andri bisa keluar bareng-bareng."

Kami setuju dengan rencana Mbak.

 

Singkat cerita, besoknya 90% rencana kami berjalan dengan baik. Masalahnya, setelah Akew balikin pulpen yang gua pinjem ke Putri, muka Akew kisut pas nemuin gua sama Wawan Ayam (si pengalih perhatian) di gerbang.

"Gimana? Ngobrolin apa kalian?" Kata gua.

"Gua gak sempet ngomong apa-apa. Gua balikin pulpen, bilang makasih atas nama lu, terus Putri cabut gitu aja."

"Tolol! Cari bahan obrolan, lah!" Kata gua.

Akew gak jawab. Mungkin doi emang ngerasa tolol.

Hari itu gagal.

Besoknya lagi, rencana sehari sebelumnya kami ulang lagi. Ngehenya Akew, doi nemuin gua sama Wawan di gerbang dengan muka kayak sehari sebelumnya.

Gagal lagi.

Hari ketiga rencana yang sama kami ulang lagi.

Dan gagal lagi.

Lihat selengkapnya