Semesta Ngehe!

E. N. Mahera
Chapter #6

Rahmat Insekyur

Ola, Pembaca!

Nama gua Deni, alias Dens, bestinya Rahmat si anti-feminis.

Gua ada pertanyaan: “Kenapa, ya, insekyuritas itu harus ada? Padahal rasa ‘insecure’ (insekyur) itu gak guna-guna amat dalam hidup”.  

Untuk jawab pertanyaan di atas, kali ini gua bakal cerita lagi soal Rahmat, temen ngehe yang pernah gua ceritain sebelumnya. Tapi tenang, kali ini gua serius. Apa yang bakal gua ceritain tuh bener kejadian. Gua gak ngadi-ngadi kayak sebelumnya. Dan gua 100% sadar, gua NGGAK mabok pas nulis ini.

 (Oke, masuk ke cerita). Gua pernah bilang kalo Rahmat itu badut tongkrongan, celetukan dan tingkah doi sering bikin orang ketawa. Orangnya asik, sampe-sampe slogan rokok “Gak Ada Lo, Gak Asik” itu pas buat deskripsiin doi; gak ada doi, ada yang kurang lah pokoknya. Cuman, selain becandaan cabulnya, ada satu hal dari doi yang kadang bikin cewek-cewek gemes ilfil: doi suka ngomong jorok.

Saat gua nulis cerita ini, Rahmat udah punya gelar berawalan ‘M.’ alias udah lulus S2, tapi mulutnya kagak pernah lulus SD. Dan itu dari dulu, dari SMP mulut beliau emang sampah, isinya cuma umpatan, makian, umpatan, makian, dan umpatan. Bahkan, hampir semua kalimat Rahmat ke gua tuh pasti diakhiri ‘anjing’, ‘bangsat’, ‘kontol’, ‘memek’, dan semacamnya.

Gua sama Rahmat satu sekolah pas SMP doang, tapi sampe doi kuliah doi masih sering dateng ke komplek gua buat nongko sama anak-anak. Fyi, banyak temen gua yang kayak gini karena di komplek gua itu banyak banget cowok sebaya, orangnya asik-asik, dan setia kawan.

Selama gua kenal Rahmat, setau gua, doi gak punya cerita istimewa yang layak ditulis, dunia percintaan doi pun gak sedramatis si Akew. Tapi, beberapa hari sebelum gua nulis cerita ini, gua baru tau kalo Rahmat punya kisah cinta yang layak diceritakan.

Soal cewek, Rahmat ini kayak orang pada umumnya: deket, pacaran, putus, suka cewek baru, deket lagi, pacaran lagi, putus lagi, dst. Doi punya banyak mantan karena si bangsat ini emang lumayan secara paras dan jago banget main futsal, sampe-sampe doi ampir aja jadi pemain profesional. Dan karena sering latihan sebagai olahragawan, fisik doi pun bagus; mungkin Rahmat tuh satu-satunya cowok yang punya badan kotak-kotak di tongkrongan komplek gua. Fyi aja, mantan-mantan doi semuanya bisa diadu dan gak kalah soal mekanik, alias gemes-gemes banget. Entah apa yang mereka liat dari Rahmat bermulut sampah.

Beberapa sebelum gua nulis cerita ini, Rahmat nelpon gua malem-malem, ngajak nongkrong. Dan gua iyain. Jadilah kami ketemuan di salah satu tempat kopi yang isinya banyak ughti-ughti gemes.

Karena Rahmat yang milih tempat itu, gua tau doi pengen cuci mata, syukur-syukur dapat mangsa. Tapi, sejak doi sampe di tempat kopi itu, muka doi kusemnya ampun-ampunan. Keliatannya doi lagi banyak masalah. Karena itu, sebagai temen yang baik, pas ada ughti gemes yang tertangkap mata, gua ngomong, "Mats, lumayan tuh."

Ngehenya, dengan muka kusem, doi cuman nengok bentar ke si ughti gemes terus ngomong sambil manyun, "Yoi. Lu sikatlah, Ngentot!"

"Gua Kristen, Anjing!"

Doi ketawa tipis.

"Lu kenapa, sih?"

Doi diem.

Gua gak lanjut nanya. Kami lantas diem-dieman selama 10 menit sampe doi ngomong, “Den, Mbak Vivi masih mau nerima curhat, gak?”

“Hah?” Gua kaget. Untuk cowok seumur kami, curhat soal cinta itu bisa dibilang hal yang tabu, apalagi ke kakaknya temen yang udah nikah. Selain itu, sebelumnya Rahmat ini gak pernah curhat ke Mbak Vivi (kakak gua), beda kayak temen gua yang lain. Dulu, setelah Akew cerita ke orang-orang kalo Mbak Vivi itu si ‘bijaksana cinta’, banyak temen gua yang akhirnya curhat ke Mbak. Jadilah Mbak Vivi si dokter cinta mereka, apalagi selama gua SMA, karena waktu itu Mbak Vivi lagi kuliah Psikologi.

“Lu mau curhat ke Mbak gua, Mats?”

“Ho-oh.”

Gua diem.

“Gua harus curhat sama orang. Sekarang gua bener-bener bingung harus gimana, Kontol!”

“Curhat apaan?”

“Soal cewek yang gua suka, Kontol.”

“Lu serius? Lu kan gak pernah curhat sama Mbak Vivi.”

“Kali ini bingung banget, Anjing. Dunia kayak memek. Bingung gua.” Walaupun kalimat doi penuh umpatan, suara Rahmat kedengeran kayak kucing melas pas ngomong ini.

Denger intonasi suara doi, gua kasian. Ini pasti masalah berat banget. “Mbak gua bukan Psikolog, Mats.”

“Tapi Mbak Vivi kuliah Psikologi kan, Bangsat?”

“Iya, sih.”

“Gak apa-apa, daripada gua pendem ini sendiri. Gua gak kuat lagi, Ngentot! Dunia kontol!”

Karena doi udah maki-maki dunia dua kali dan tampangnya makin kusem, gua langsung nelpon Mbak Vivi. Dan saat gua kasi tau kalo ada temen gua yang mau curhat, Mbak juga kaget, udah sekian lama gak ada temen gua yang curhat. Tapi Mbak bersedia. Dan karena Rahmat mohon-mohon ke gua supaya doi bisa ketemu Mbak Vivi malam itu juga, Mbak bersedia. Tapi Mbak dan suaminya baru balik ke rumah mereka rada malem. Jadilah gua harus nemenin Rahmat yang galau di tempat kopi penuh ughti gemes.

Selama beberapa saat suasana agak canggung di antara gua sama Rahmat. Gua pengen nanya lebih, tapi gak enak, jadilah kami diem-dieman lagi selama 10 menit. Saat hening itu, tiba-tiba ada ughti cantik yang masuk ke tempat kopi, cantik banget, sampe perhatian beberapa cowok di situ—termasuk gua—langsung ketarik sama doi, apalagi di tangan ughti itu ada gambar tato warna coklat kemerahan. Gua pernah liat ughti-ughti gemes yang ngegambar tangannya kayak gitu di nikahan orang, dan setelah nyari info di Google gua akhirnya tau kalo seni ngegambar tangan itu namanya ‘henna’, sebuah tradisi dari Timur Tengah. Karena gua pengen tahu lebih lanjut soal tradisi itu, nanyalah gua ke Rahmat, itung-itung nyairin suasana. “Mats, kenapa banyak cewek pake henna pas nikahan?”

Denger pertanyaan gua, doi yang lagi nunduk tiba-tiba angkat muka terus natap gua, terus nunduk lagi.

Canggung lagi.

Saat itu gua tau gua ada salah ngomong. Tapi, karena gua mulai bosen diem-dieman, gua asal ngomong aja, “Eh, Ngentot! Lu ngajak nongkrong apa meditasi nih?”

Doi angkat muka lagi, tapi gak langsung jawab, malah celingak-celinguk ngeliat seisi ruangan, baru natap gua. “Widi mau nikah, Den.”

“Widi siapa, Anjing?”

“Widya Ningsih.”

“Siapa itu?” Itu pertama kalinya gua dengar nama Widi alias Widya Ningsih.

“Temen kuliah gua.”

“Kita kan gak satu kampus, Anjing! Mana gua tau siapa itu Widi.”

Doi diem.

“Terus masalahnya apa kalo temen kuliah lu nikah?”

“Gua sayang sama dia, Dens.”

Gua gak tau harus ngomong apa. Diem-diemanlah kami sampe Mbak Vivi nelpon gua dan bilang kalo Mbak udah di rumah.

Sepanjang jalan ke rumah Mbak Vivi, gua sama Rahmat masih diem-dieman. Gua sebenarnya kepo soal Widi ini, banyak yang pengen gua tanya ke Rahmat, tapi gua gak punya keberanian itu. Entahlah. Gua ngerasa, untuk cowok seumuran kami, curhat soal cinta ke sesama cowok itu kayak lu bilang ke orang-orang kalo kontol lu kena sifilis. Gua bukannya pengen bikin stigma tertentu, tapi itu yang gua rasain selama ini. Gua ngerasa cowok itu terlahir untuk mendem segala sesuatu tentang perasaannya, apalagi soal cinta. Lu jadi cowok, lu harus siap mendem banyak hal di dalam hati lu. Contoh aja, waktu lu putus sama cewek yang lu sayang banget, lu gak mungkin nunjukkin ke orang-orang, apalagi ke temen-temen cowok kalo lu lagi galau, karena lu pasti dicengin: “Alah! Lemah lu, Ngentot!” Jadi, mau gak mau, lu pendem perasaan lu sendiri.

 

Sampe di rumah Mbak, gua langsung ngerokok sama Bang Gabriel alias Bang Gab (suami Mbak Vivi) di samping rumah, sementara si Rahmat gua tinggalin di ruang tamu berduaan sama Mbak. Bang Gab udah tau kalo dulu banyak temen cowok gua yang emang deket sama Mbak karena Mbak itu dokter cinta buat mereka, jadi gak masalah buat Bang Gab biarin istrinya berduaan sama temen cowok iparnya.

Sejujurnya gua pengen banget gabung sama Mbak Vivi dan Rahmat di ruang tengah, tapi seperti yang gua bilang sebelumnya, gak etis cowok dewasa dengerin curhatan cowok dewasa lainnya. Gua gak pengen Rahmat gak nyaman ngobrol kalo ada gua di sana waktu doi lagi curhat.

Sekitar setengah jam Mbak Vivi dan Rahmat ngobrol, tiba-tiba kedengeran tangisan cowok dari ruang tengah. Dan Bang Gab langsung nanya, “Itu temen kamu nangis? Dia ada masalah apa, Den?”

“Biasa, Bang, cinta.”

Bang Gab ketawa sambil geleng-geleng kepala.

Gua ikut ketawa. Seolah-olah kami lagi ngatain cupunya Rahmat yang nangisin cinta. Gua kasian sama Rahmat, dan gua yakin Bang Gab juga sama, tapi tetep aja, kami harus ketawa kalo ada cowok yang nangis karena cinta. Ibaratnya, dalam hati kami iba tapi yang keluar dari mulut kami: “Alah! Lemah lu, Ngentot!”

Singkat cerita, abis sesi curhat sama Mbak Vivi, Rahmat ngajak gua balik ke komplek gua buat mabok di samping warung Mang Aju, markas nongki anak-anak komplek.

Awal-awal nongki di markas, gua sama Rahmat masih nahan gengsi. Gak ada yang bahas soal tangisan di rumah Mbak sebelumnya. Gelas amer pertama sampe gelas amer keempat, gua cuma dengerin Rahmat muji Mbak Vivi dan Bang Gab, kata doi, “Mbak lu itu orang baik. Suaminya juga.” Abis muji-muji Mbak Vivi, doi muji gua, “Dens, lu juga orang baik. Kita temenan udah lama. Gua kenal lu, Dens. Lu temen terbaik yang pernah gua punya, Dens. Sumpah. Gua gak bohong, Dens.” Saat doi ngomong ini, gua tau Rahmat udah kena sengatan amer. Fyi, orang kalo udah mabok tuh beda-beda, ada yang rese, ada yang banyak omong, ada yang gampang tersinggung, ada yang sok jagoan, dan ada juga yang muji-muji. Rahmat terkategorikan yang terakhir. Sekian menit gua abis cuman buat denger doi muji-muji gua sambil ngangguk-ngangguk.

“Kalo aja gua gak kenal lu, mungkin hidup gua ancur-ancuran, Dens. Untung ada lu sama Mbak Vivi. Hidup gua bakal ancur-ancuran, Dens. Ancur, Dens. Gua gak tau gimana lagi hidup gua tanpa Widi, Dens.” Abis itu Rahmat bengong.

Sebenarnya gua pengen nanya lebih lanjut. Tapi lagi-lagi, gua gak enak nanya urusan cinta ke temen cowok. Karena itu gua isi gelas gua lagi dan langsung nelen amer itu, gelas kosong, gua isi lagi, dan nelen lagi. Abis itu gua nunggu pusing. Kalo gua belum mabok juga, gua bakal nelen lagi. Gua yakin, kalo mabok gua pasti berani nanya soal Widi, dan Rahmat pasti curhat kalo kami udah sama-sama mabok. Sekian menit, gua mulai pusing, tapi gua masih belum berani. Gua isi lagi gelas gua.

Baru aja gua mau nelen, tiba-tiba, “Gua sayang banget sama Widi, Dens,” kata Rahmat.

Denger itu, gua gak jadi nelen. Gua langsung nepuk pundak Rahmat. Dan detik itu juga, kata demi kata tentang Widi keluar gitu aja dari mulut Rahmat.

 

Lihat selengkapnya