Tasna Srikandi Betawi

Siti Mulia Al-Mufarrid
Chapter #5

BAB 4 - Baik-Baik di Kampus

Langit yang penuh kelabu tak lagi dapat disinari mentari yang sudah ditelan bumi. Sebagaimana bulan separuh wajah yang tak lagi menjadi bulat sempurna seperti hari-hari biasanya kemarin. Malam itu Tasna dan para Gali terhenyak dalam sebuah kemelut baru. Seorang anak remaja pingsan dan mayat tak dikenal ditemukan di markas besar Almarhum Engkong Siman. Bayang-bayang tragedi Petrus tentu saja masih membasahi seluruh warga kota Jakarta. Saat itu, pikiran yang tidak-tidak pun serentak menyemai ke setiap sudut relung hati terdalam Tasna.

Diperhatikannya beberapa orang Gali tampak dengan sigap memindahkan tubuh anak bernama Kotong yang pingsan tadi ke atas sebuah tikar yang sudah pudar warna merahnya, menyerupai kecokelatan. Bantal yang sudah kusam warna putihnya terlihat begitu pipih saat menopang kepala anak itu.

Tahu Kotong sudah dirasa aman, lantas semua mata pun tertuju pada mayat yang tak dikenal. 

“Mayat ini ... jangan-jangan mayat korban tembaknye Petrus?!” tebak Sodri. Asal, namun cukup meyakinkan semua orang. 

“Kalau korban Petrus mah ye setau aye tuh ada tandanye. Paling banter ada peluru nembus di kepala atau gak yaaa di badannye, Dri ...!” kata Iwan, berusaha memberi analisis dari hasil pemikirannya sendiri.

“Oh, iye ye, bener juga ....” 

“Tapi bisa jadi sih ini mayatnye Petrus. Pan emang lagi musim mayat-mayat pada berjatohan," ujar Asep. 

“Tapi nyang sebenere jadi masalah entu tuh kenape entuh mayat bisa ade di mari! Markas kite!!” Mantan pemilik rambut punk bernama Jajuli mengingatkan. Semua berangguk-angguk. “Ape Petrus udeh tau markas rahasia kite?” imbuhnya lagi, persis pertanyaan yang selama ini meringkuk ketakutan di dalam benak Tasna. 

“Wah, kalo Petrus udeh tau markas ini jangan-jangan kita bakal dihabisin juga nih nantinye nih!” seru Sodri, ikut menambahkan kegelisahan. Dan benar saja kian lama, suasana makin tidak tenang. Sampai anak-anak yang berkumpul di situ pun beberapa ada yang menangis ketakutan.

Tidak, mereka bukan takut dengan situasi huru-hara ini. Mereka juga bukan takut terhadap mayat ataupun darah. Mental anak-anak itu sudah berbentuk baja sejak lahir di lingkungan Gali yang amat keras. Darah dan mayat bukanlah hal yang menakutkan lagi bagi mereka. Justru yang mereka takuti hanyalah tentang kehilangan anggota keluarga. Meski ada keluarga mereka yang menyambung kehidupan lambung keluarga dengan menjadi Gali, bagi anak-anak itu tetaplah sangat berharga.

“Sudah! Sudah! Markas Almarhum Engkong Siman ini kan kagak ada yang tau, bahkan polisi sekalipun gak ngerti ini tempat apaan. Dan karena tempatnye di dalem banget kudu lewatin gang-gang sempit. Jadi belum tentu bener dugaan kalian semuanya juga kan," sanggah Tasna, berusaha menenangkan gejolak kekhawatiran yang lainnya.

“Ya udeh lupain dulu masalah itu dah, mumet juga kalo kagak jelas juntrungannye. Nah, tapi ini gimane ye mayatnye? Ape kagak kita periksa aje dulu gitu, kalo ini siape gitu?” Sodri pun memberi usul. 

Iwan melihat sebuah surat mengintip dari dalam saku baju jenazah. Iwan pun mengambil surat itu. “Ini, Na. Coba dilihat dulu ini kali aje kite dapat petunjuk.” 

Iwan langsung menyerahkan sepucuk surat yang ternyata sudah lecek di beberapa sisi itu ke tangan Tasna. Tasna menerimanya dan langsung membuka lipatan kertas putih itu lalu membaca tulisan tangan yang sepertinya ditulis dengan tergesa-gesa. Liukan penanya sangat terbaca sekali bahwa ada seseorang tengah menulisnya dengan tangan yang bergemetaran.

“Daripada saya nyerahin diri terus ditembak mati Petrus, mending saya mati sama racun sendiri!!!!"

Tasna membacakan isi surat itu dengan suara cukup keras, sengaja agar disimak pula oleh yang lainnya. Berbagai macam spekulasi tentang mayat itu pun terbang di dalam isi kepala setiap orang yang hadir di markas itu.

Tasna terkejut, saat ia menoleh terlihatlah gelembung kecil-kecil berwarna putih keluar dari mulut mayat tersebut. “Sampai dia berbusa begini. Sepertinya dia benar-benar nekat bunuh diri,” kata Tasna kemudian. Ia teringat memang di belakang markas Engkongnya ini ada banyak losion nyamuk juga tak ketinggalan alat semprot pembasmi nyamuk beserta cairan isi ulangnya. Biasa dipersiapkan jikalau ada para Gali yang ingin tidur di markas Engkong Siman.

“Jangan-jangan ini Babehnye Kotong yang lagi dicari-cari ame Kotong, Mpok!” seru Bangor, menyadarkan semuanya. 

Iye ye bisa jadi juga ye ...," celetuk Iwan kepada yang lain.

Iye betul sih bisa aje begitu ....” Sodri tambah kuat lagi dalam mengiyakan.

Dan suara tangis sedu sedan anak-anak yang dari tadi memang menghiasi seisi ruang, kini justru kian besar saja suara raungannya. Mereka adalah anak-anak yang ditinggal oleh ayah mereka yang adalah seorang Gali. Ayah-ayah Gali mereka adalah satu-satunya tulang punggung dalam keluarga mereka. Karena itulah meski ayah mereka seorang Gali, mereka tetap menyayangi sosok ayah mereka dan merasa kehilangan saat ayah-ayah mereka kompak pamit, karena sama-sama memutuskan menyerahkan diri kepada Petrus. Situasi saat itu sangat kacau, semua memaklumi bahwa tak ada lagi pilihan meski pihak Petrus telah membuatkan pilihan. Jalan itu jelas-jelas dipilih para Gali yang mayoritasnya sudah berkeluarga, sebab dirasa lebih baik daripada harus ditembak mati di tempat nantinya.

 Tasna pun berpikir keras atas insiden yang terjadi malam ini. Tasna melangkah ke tikar di mana tempat Kotong direbahkan, ia hendak membangunkan Kotong dari pingsannya. Tasna berpendapat hanya dengan membangunkan anak itu sajalah segala teka-teki tentang mayat itu akan terungkap. 

Tasna menepuk-nepuk pelan pipi kiri anak itu dengan tangan kanannya. “Tong, bangun, Tong ... Bangun ....” 

Melihat itu, Bangor berlari mengambil sesuatu lalu memberikannya pada Tasna. “Coba bantu pake ini aje, Mpok!”

Tasna menerima sebuah botol minyak kayu putih berwarna hijau berukuran kecil dari Bangor. Dibukalah tutup botol minyak yang warnanya hitam itu dan digosokkannya ke tangan, lalu diusapkannya ke kepala dan hidung Kotong supaya Kotong cepat sadar dengan menghirup aroma minyaknya.

“Ah, Kotong!” Tasna berseru tatkala ia melihat kedua mata Kotong membuka perlahan. “Kotong bangun, Tong. Bangun ...,” kata Tasna lagi, penuh semangat. 

“Mpok ... Tasna ....”

Iye Tong ini Mpok. Katanye Kotong mau nyari Babeh Diman? Makanye Kotong ayuk bangun, ye!”

Kotong mengangguk tak sengaja matanya melirik ke arah mayat yang letaknya cukup berjauhan di sampingnya. Kedua alisnya bersua. Kotong terkesiap, ia lantas bangkit untuk duduk dan langsung mengucek-ngucek matanya. Ya, Kotong merasa bahwa ia amat mengenali pakaian yang dikenakan oleh mayit yang tergeletak itu

“Kok kayak Babeh aye, ye, Mpok,” lirih Kotong. 

“Hah, Ape? Gimane? Gimane?” Tasna bertanya karena ia kurang mendengar apa yang Kotong katakan. 

Kotong meresponnya dengan berdiri, kakinya sedikit terhuyung namun ia bertahan agar tidak jatuh. Kedua matanya terus memandang mayat tersebut. Tasna memperhatikan tarikan napas Kotong kali itu berbeda. Sebab Kotong menarik napasnya dalam-dalam saat ia melangkah mendekati mayat tersebut. Raut mukanya menebarkan kesedihan.

Tasna melihat Kotong menggeleng-gelengkan kepalanya dengan perlahan. Kotong pun berujar, “Enggak, Mpok ... enggak .... Enggak mungkin, Mpok!”

“Kotong ....” Tasna menyebut nama anak itu, hampir tiada suara. 

Kaki Kotong melemas, ia terduduk di samping jenazah itu. Seluruh isi dadanya berguncang hebat seakan-akan sebuah larva akan segera ia muntahkan dari dalam dadanya.

“Babeeehh ...!” Kotong meledak. Suara Kotong pecah seakan hampir saja turut meledakkan ruangan itu. “Ini Babeh aye, Mpoookk.... Ini Babeh aye ... ya Allah, Babeeeehh ...!!”

Semua pun terdiam. Teriakan Kotong terlalu memilukan untuk didengar.

Kenape Babeh begini Mpok ... Kenape, Beh? Kenapeee ...?!! Pegimana ceritanye sih ini, Mpok ... Mpook .... Ya Allah ya Robbiii ...!!”

Lihat selengkapnya