Tasna Srikandi Betawi

Siti Mulia Al-Mufarrid
Chapter #15

BAB 14 - Takdir Kejutan

Tasna memindahkan Tuti dari rumah Neneh ke rumahnya. Babeh Yahya yang melihat ikut senang tetapi sekaligus juga merasa sedih. Senang karena Tuti bisa mendapat sentuhan kasih sayang penuh dari ibu kandungnya sendiri, tak lagi dititipkan Neneh. Namun sedih, karena Tasna dipecat dari pekerjaannya.

“Yang sabar aje ye, Tas. Babeh yakin Tasna entu suatu saat bisa dapet kerjaan nyang lebih baek lagi. Qodarullah itu namanye, Tas. Udeh takdir Allah semua itu terjadi.”

Iye, Beh. Setidaknye Tasna bersyukur dapat tunjangan buat satu bulan ke depan. Itu artinye Tasna harus udeh dapet kerjaan laen sebelom tunjangan ama sisa gaji bulan kemaren ama bulan ini abis," kata Tasna, sambil menyuapi Tuti sepiring nasi pulen dengan telur dadar dan sayur bayam sebagai lauknya.

Iye, Tas. Kudu diimet-imetin dah itu duit.”

Iye, Beh,” jawab Tasna lagi sambil mengelap mulut Tuti yang celemotan kemudian memungut nasi yang tak sengaja tumpah tersenggol kaki si kecil Tuti. “Duh, Tuti sayang. Kenape air minumnye pake acara ikut tumpah segala, sih.” Tasna buru-buru mengambil lap kain di dapur, ia mengelap tumpahan air itu takut Tuti yang suka tiba-tiba jalan ini terpeleset.

Lantai rumah Betawi Tasna berukuran 20 x 20 cm berbahan ubin Tegel yang terbuat dari semen dan pasir berwarna hitam polos. Saat Tasna mengelap lantai hitam yang basah ulah putri semata wayangnya, Tasna jadi teringat Neneh. Neneh pasti lelah sekali mengurus anaknya Tuti saat ia tidak ada.

“Jadi kasian sama Mpok Neneh. Kapan-kapan aku mo kasi die hadiah, ah.”

“Dijaga dulu aje duitnye, Neneh pasti ngerti. Ntar pas udeh dapet kerjaan lagi baru dah tu ngasi hadiah apa aje boleh ke Neneh.”

Iye, Beh.”

Tasna pun berbisik dalam hati. “Duh, kedengeran Babeh. Babeh kan udeh tau aye dapet hadiah penghargaan waktu entu 300 rebu dari bos aye. Buat Babeh udeh aye kasih 100 rebu nah sisa 150 rebu dah tu duitnye sekarang. Buat Mpok Neneh dikit juga kagak pape aye mah. Babeh kagak tau ini. Pokoknye aye tetep mo ngasi ke Mpok Neh!”

“Assalammu’alaikum!”

“Wa’alaikumussalam warohmatullah,” jawab Babeh dan Tasna bersamaan. Babeh pun beranjak dari duduknya sambil membetulkan posisi pecinya ia keluar ke selasar rumah. “Eh, Iwan. Dari tadi Babeh tungguin.”

“He he, iye Beh.”

Gimane, gimane? Udeh pada bisa nerapin pekerjaan nyang ‘Baik-baik’ belon?”

Udeh, Beh. Semuanye udeh mulai nyari duit ‘Baik-baik’ sesuai arahan Babeh.”

“Alhamdulillah. Semoga terbiasa ye. Coba laporin ape aje nyang pada kalian lakuin belakangan ini?”

“Si Sodri jadi kenek Bus di terminal. Die ampe pernah nolongin penumpang, kayak waktu misal die bawain tas penumpang, tanpa pamrih die tu ngelakuinnya eh die malah dapet duit gede. Katanye gitu.*

Babeh mempersilakan Iwan duduk di kursi lenong, sedang dirinya di Bale-bale. 

“Trus Iwan bagemane?”

“Yah Iwan kerja jadi sales Beh, nyebar-nyebarin anoan hmm ... apaan tuh ye namenye... Aduh ape sih tuh nyang disebar, dibagi-bagiin ....”

“Brosur!”

“Nah, iye Beh. Brosur! Et dah, lah itu suara Tasna, Beh?”

Iye, si Tasna mang siape lagi?"

“Lah, bukannye die lagi kerja Beh?”

“Kagak Bang, aye abis dipecat kagak lama enih,” imbuh Tasna lagi dari dalam. 

“Lah, kok bisa?”

“Panjang dah ceritanye, Wan,” kata Babeh.


****


Dua Minggu Kemudian. 


TOK. TOK. TOK

“Siapa?”

“ini Aji, Pak Araz.”

“Ya, masuk.”

Aji membuka pintu ruangan Araz dan memasukinya. “Begini Pak, saya sudah membuat sesuatu untuk proyek kita kali ini, Pak.”

“Wah, apa itu Aji?” Araz semringah. 

“Saya sudah buat aplikasi yang akan memudahkan sistem produksi sekaligus penjualan makanan dan minuman perusahaan kita, Pak.”

“Wah, sepertinya menarik sekali. Boleh saya lihat?”

Aji memberikan sebuah disket kotak berukuran 3 setengah inci warna biru kepada Araz. Araz yang sangat menyukai prestasi dan orang-orang cerdas tentu saja menjadi sangat antusias sekali.

“Wow, wow, amazing kamu Aji. Hebat sekali.” Araz menjajal aplikasi itu di komputernya. “Aji!"

"Ya, Pak?

"Segera persiapkan ruang meeting siang ini.”

“Baik, Pak.”

Aji kemudian segera pergi memberitahukan karyawan yang lain.

Di ruang rapat yang letaknya tepat di lantai 8 ini, Araz ingin membahas proyek yang masih berlanjut dengan mengumumkan sebuah aplikasi yang dibuat oleh Aji pada semuanya pada sebuah layar proyektor. Araz mengamati Vian dari tadi, entah kenapa Vian tampak gelisah seperti sedang menahan sesuatu. Araz tetap melanjutkan memberi pertunjukan dari awal sampai akhir tentang bagaimana aplikasi itu bekerja. 

“Yap. Ini adalah aplikasi cerdas yang akan membuat proyek kita kali ini berjalan lancar. Aplikasi ini dibuat oleh Aji Burhanudin. Yuk, kita tepuk tangan dulu buat Aji.”

PROK. PROK. PROK. 

Vian mengepalkan tangannya erat-erat, kemudian ia berdiri mengangkst tangannya di ruangan itu. “Maaf, Pak Araz.” Vian membuat semuanya menghentikan tepuk tangan mereka.

“Ada apa, Vian?”

“Maaf Pak, apa benar Aji yang membuat aplikasi itu?”

“Iya, betul. Kenapa ... kamu menanyakan itu?”

“Maaf, hasil kerja saya adalah aplikasi yang cara kerja bahkan semuanya plek-ketiplek sama dengan aplikasi itu. Mirip semua. “

Semua yang duduk dalam meja rapat saling bertatap-tatapan satu sama lain. Mereka terperangah mendengarnya. Aji diam saja, ia sedikit menatap tajam ke arah Vian.

“Maksud kamu apa, Vian?!” Aji berdiri. "Mungkin hanya perasaan kamu saja atau cuma kebetulan mirip?"

"Iya, betul itu betul." Bisik-bisik semuanya.

Vian balas menoleh Aji dengan tatapan sinis. 

“Apa kamu ada bukti, Vian?” tanya Pak Surjono kemudian

“Ada Pak. Aplikasi itu saya buat dengan kode-kode tertentu, di luar bahasa pemrogramannya saya berani bilang tidak ada yang punya kode itu di dunia ini selain saya. Bapak Araz dan Bapak Surjono bisa melihat sendiri coding-nya.”

Lihat selengkapnya