The mosby

Fahmi Sihab
Chapter #14

Expected Goals

Gua ga nyangka sih kebahagiaan seseorang tuh emang dateng dari jalur yang beda-beda banget. Kadang menurut sebagian orang itu adalah hal yang biasa aja, bisa jadi menurut yang lainnya itu adalah hal yang menakjubkan. Kadang menurut sebagian orang itu adalah hal yang lucu, menurut sebagian yang lain juga bisa malah terlihat sampah. Kadang menurut sebagian yang lain itu adalah hal yang membahagiakan tapi menurut sebagian yang lain harusnya itu adalah hal yang wajar.

Kory hari ini dapetin sesuatu yang dia rasa suatu pencapaian yang luar biasa dan menurut gua adalah hal yang sangat biasa. Dia dapet nilai toefl 480, yang menurut gua dan beberapa orang sangat amat biasa. Ya itu standar yang bisa lu pergunakan untuk ngelamar kerja sih, tapi itu sangat minimum sekali. Kory bahagianya gila-gilaan dan karena gua terlibat dalam proses mendapatkannya, dia berterima kasih kepada gua dengan sangat. Dia ngajak gua makan pizza, kita ga usah sebut pizza mana yang kita datengin. Yang terkenal kan cuman dua di Karawang, yang gaple sama yang ulang tahun. Lu keterlaluan kalo ga ngerti jenis jokes kaya gtu ya. Jadi ga usah gua jelasin lagi.

“A Fahmi boleh pesen apa aja.” Kory menawarkan dengan wajah yang berbinar-binar.

“Oh oke, ternyata kamu cukup bisa berterima kasih ya.” Jawab gua

“Ya iyalah, lagian A Fahmi juga berjasa kan udah bantuin aku.”

Memang setelah kejadian mendadak waktu itu, yang gua di telpon tiba-tiba. Gua jadi rutin ngajarin dia, banyaknya pertemuan kita dihabiskan dengan kegiatan belajar mengajar Bahasa Inggris. Apa lagi setelah kejadian serah terima dari mantannya itu. Bahasa serah terima sebenernya terdengar tidak pantas sih. Terkesan Kory tuh barang COD, dan terkesan mantannya adalah kurir titipan kilat. Walaupun untuk yang mantannya masih terlihat cocok sih dengan kondisi perawakan dan wajahnya. Bahkan bentuk mukanya tuh ngebentuk pola kaya davinci code gituh, yang kalo di terjemahin jadinya resi. Hahahaha, anjrit itu jokes yang rumit banget.

“Oke karena aku bisa pesen apa aja, aku mau sesuatu tapi bukan di restoran pizza ini”

“Mau apa? terserah A Fahmi dah mau apa, kita kalo mau pindah restoran juga ga apa-apa.” Kory menutup buku menunya dan melihat-lihat ke arah restoran-restoran lain di luar.

“Aku maunya bukan makanan”

“Apa? buku?” jawab Kory terlihat bingung.

“Ngga, bukan itu.”

“Terus apa dong?” Kory terlihat agak kesal.

“Aku maunya kamu selalu ngejalanin hari dengan rasa bahagia sebagaimana bahagianya kamu hari ini.”

“Dih apa si, gombal bet.” Kory tertawa kecil

“Jeh beneran, bukan gombal. Kaya gini persis, kalo bisa bentuk senyumannya juga sama, raut muka yang sama. Kalo bisa hembusan nafasnya juga sama persis kaya tadi kamu pas lagi terengah-engah gara-gara terlalu exdebed pas ngelihat nilai kamu sampe akhirnya kecapekan itu.”

“Hahaha, merhatiin banget ya.”

“Hahaha, iya dong. Aneh banget soalnya ngomong sambil engap engapan kaya gitu,”

Kita berdua tertawa.

Ada hal yang lebih bikin gua bahagia dibanding pencapaian Kory yang luar biasa dan pencapaian gua yang semakin maju ke dalam tahap yang cukup menjanjikan. Gua melihat postingan Instagram mantannya Kory yang terlihat bahagia sekarang. Gua manusia yang jahat memang tapi sejahat jahatnya gua, gua tetep sedih pas mantannya Kory akhirnya memberi kesempatan penuh kepada gua dan membiarkan gua mendekati Kory tanpa intervensi dari mana pun. Gua ga kebayang si, kalo udah dua tahun tunangan tapi tiba-tiba orang yang kita perjuangin itu malah milih orang lain. Mungkin gua akan lebih desperate. Mungkin gua bisa ga percaya lagi sama cina (ya emang cina, gua bukan typo. Gua bisa ga percaya lagi ama coconut ivory resident. Ngeles mulu emang). Gua bisa ga percaya lagi ama konsep menyayangi seseorang.

Mantannya Kory posting tangan seorang perempuan, dan gua tahu itu bukan Kory. Sebenernya itu belom bisa menyimpulkan kalo dia udah punya seseorang yang baru sih. Tapi captionnya menjelaskan segalanya. Aku udah ga percaya sama komitmen, tapi kamu menjelaskan semuanya dengan rinci. Rinci bukan dengan kata-kata, karena kamu bukan orang yang baik juga dalam hal itu. Tapi kamu bisa menjelaskan segala sesuatu dengan rinci walaupun hanya dalam satu senyuman di bibir yang mungil itu. Itu udah cukup jelas untuk tahu dia sudah move on.

Udah hampir dua bulan, setelah kejadian serah terima itu. Serah terima lagi, emang ga punya kosa kata yang bener gua. pokoknya lu ngerti apa yang gua maksud. Mantannya Kory masih berusaha untuk ngambil emphaty dari Kory lagi, ya walaupun ga secara langsung. Lewat postingan kesakitan dan kepahitan yang dia alami. Agak textbook sih buat gua, dan norak sih. Ya lu kalo mau seseorang balik lagi dan ngasih kesempatan mah, ya minta aja keorangnya. Jangan nunggu rasa iba, sekalipun lu dapet. Yang lu dapet juga bukan bener-bener perasaan yang seharusnya lu harapkan. Perasaan yang datang dari rasa iba, yang sering kali rasa iba itu penuh dengan ketidak jujuran.

Dan karena Kory memang cukup polos, formula textbook itu berhasil juga ternyata. Kory sempat iba dan sampe titik pengen nemuin lagi, untuk setidaknya nemenin dia ngobrol atau nemenin dia makan. Lama-lama nemenin dia beli sesuatu, nemenin dia liburan, nemenin dia beli cincin buat Kory, nemenin dia masangin cincin ke jari diri Kory sendiri (eh gimana si, gua kadang kalo pake formula rule of three suka bingung sendiri). Gua untungnya bisa ngasih penjelasan dan bikin Kory ga melakukan semua kemungkinan yang gua jelaskan di atas.

“A, kasihan ya Tomi. Terpukul banget kayanya dia.”

“Ya kali, tapi ko mukanya ga keliatan babak belur. Punggungnya kali ya?” jawab gua bercanda.

“Ih malah becanda, aku beneran. Kayanya aku harus temuin dia deh.”

“Lah jangan dong. Kecuali kalo kamu emang pengen kasih dia harapan lagi”.

“Emang dia bakalan berharap lagi?” Kory keheranan

“Ya iyalah, setiap gerak-gerik yang di dalamnya ada rasa sekali pun itu cuman iba. Dia pasti ngerasa dikasih harapan lagi.”

“Ribet ya, perasaan sama manusia itu.”

“Ya ga cuman sama manusia, sama sawi juga ribet. Orang dia kalo suka sama kamu. Ga bisa ngomong, gerak juga kalo ketebak angin.”

“Ketebak angin, artinya apa?”

“Bahasa Sunda itu, artinya bergerak dengan tidak sengaja.”

“Oh, katebak” Kory baru sadar. Untuk jokes semudah itu dia baru sadar.

Dua minggu setelah itu, ada kejadian yang sangat mengejutkan. Gua ga nyangka yah. Perubahan seorang manusia bisa sedrastis itu. Gua kuliah hari minggu dan semua orang datang dengan biasa. Biasa dalam arti yang sebenernya. Walaupun sebetulnya ga pernah ada yang mengartikan biasa dalam konotasi yang aneh sih. Oke lanjut, Kory yang tidak terlihat biasa. Mukanya tampak bingung dan aneh. Gua yang memang duduk agak jauh dari Kory, punya keterbatasan untuk bertanya. Seseorang yang baca Novel ini pasti akan bilang, kan ada whatsapp, ya itu juga yang gua lakukan. Cuma emang kalian tuh udah ga punya rasa sabar sama sekali dalam hidup.

Lihat selengkapnya