The mosby

Fahmi Sihab
Chapter #19

One Of The Best Move

Lu tahu ga saat lu ngerasa bersaing sama banyak orang, membuat lu jadi sedikit ambisius. Oleh sebab itu gua selalu berusaha menghindari persaingan. Bukan berarti akhirnya gua selalu mengalah dan ga punya target, tapi lebih meminimalisir hal itu aja. Kalo gua ngerasa memiliki sesuatu yang berbeda dan ga dimiliki orang pada umumnya, disitu mungkin gua akan ikut bersaing. Gua pernah ikut beberapa lomba, kaya lomba stand up comedy atau lomba cerdas cermat. Semuanya gua lakuin karna gua ngerasa beda dari orang lain. Kaya gua ngerasa referensi komedi gua beda dari orang lain. Cerdas cermat waktu itu karna gua ngerasa belajar hal yang orang lain ga pelajarin, terlebih waktu itu agak sedikit diancam oleh guru gua.

Menghadapi percintaan pun seperti itu, gua ngerasa kayanya untuk bisa dapetin cewek yang disukai banyak orang agak terlalu banyak effortnya. Gua harus nunjukin sesuatu yang lebih dibanding orang lain yang suka sama cewek ini, terlebih gua sekalipun suka sama orang ga pernah sampe jadi masuk ke hal – hal urgent dalam hidup gua. kebanyakan orang suka jadiin timbal balik perasaan terhadap perempuan yang dia suka adalah urgensi dalam hidup mereka. Menurut gua itu adalah kesalahan, karna pada dasarnya rasa suka tuh dikontrol sama rasa penasaran. Kalo penasarannya udah abis, biasanya rasa Sukanya pun hilang perlahan – lahan.

Bersamaan dengan rasa suka gua ke debriani, gua pun akhirnya menghindari persaingan. Bukan apa – apa, yang suka dan deketin debriani tuh sangat amat ga terbendung. Koneksi yang dia punya aja luas banget, berawal dari apa? dari ketertarikan seseorang. Bayangin, dia bisa kenal sama orang bukan cuman beda unit tapi beda divisi. Orang bisa kenal sama orang beda divisi alasannya cuman satu, karna pas pertama tes kerja ketemu.

Gua sempat berfikir kenapa orang – orang bisa segitunya sama debriani, dan jawaban terbaik yang bisa gua dapetin adalah karna cewek ditempat kerja gua ceweknya terbatas. Walaupun Debriani has a good looking, but she ain’t enough to be loved that badly. Kalo ada presentase mungkin 1 : 20 antara cewek dan cowok disini.

Setahun bersama dan kenal debriani, ga pernah ada effort lebih yang gua lakukan untuk dapetin dia. Bahkan ga ada effort lebih untuk tahu apa yang sedang dia lakukan dan sedang bersama siapa dia sekarang. Yang gua tahu dia has a relationship with someone. Tapi itu juga bentuknya hipotesa, karna ga pernah bisa gua pastikan kebenarannya. Sebenernya permasalahannya harusnya udah selesai. Gua udah ga terlalu merhatiin dia, gua juga menghindari persaingan dengan orang – orang yang deketin debriani. Tapi kenapa ini masih jadi masalah dalam kehidupan gua? apa yang sebenernya terjadi?.

Gua selalu bilang kalo perasaan suka tuh dikontrol sama rasa penasaran yang berlebih. Oleh sebab itu, selama penasarannya masih muncul, lu ga akan selesai sama orang yang lu suka. Harus diselesaikan dengan menjalani kehidupan bersama dia atau mencari alternative untuk bisa ngelupain orang ini. Dan yang dialami oleh gua adalah rasa penasarannya udah ilang, gua ga perlu cari alternative lain untuk bisa lupain debriani. Tapi gua ga bisa lupain dia. Satu hal yang gua sadari adalah gua terhadap debriani bukan sekedar rasa penasaran.

Ngajarin anak baru mungkin jadi side job gua masuk diperusahaan ini. Gua sebenernya tidak dibayar untuk ngelatih karyawan baru untuk bisa adaptasi dan bekerja sesuai dia ditempatkan. Tapi rutinitas yang terjadi selama bertahun – tahun adalah itu. Gua pertama ngajarin orang, dimulai dengan dipindahkannya Andrew ke grup gua. Dia yang tadinya pekerjaannya dibagian penerimaan barang dipindah ke grup gua yang pekerjaanya adalah supply barang. Ngajarin Andrew sebenernya ga susah, yang susah adalah kondisi dimana Andrew adalah teman seangkatan. Ngajarin teman seangkatan susah karna harus milah milah antara nyuruh dan memberi tahu. Ngerasa ga enak kalo terkesan nyuruh, padahal gua punya hak untuk nyuruh as a senpai.

Berganti – ganti orang yang gua ajarin dari Andrew temen seangkatan sampe yang terbaru masri, orang timur yang tersesat di Bekasi. Masri adalah angkatan baru berisikan 4 orang. 4 orang yang 3 diantara mereka adalah manusia, dan sisa satunya adalah manusia juga tapi rasa lapernya tuh kaya nafas ga bisa berhenti makan. Nama dia bagas, orang Jakarta yang kerja disini, jauh – jauh cuman buat dikritikin semua tingkah lakunya. Dari ngomong, pemikirannya yang aneh dan yang seperti gua bilang tadi makannya ga bisa berhenti.

Kedatangan bagas melengkapi geng yang dibikin oleh febri, berisikan 6 orang. 2 perempuan , 3 laki – laki dan satu manusia lilin namanya setyo. Setyo ini lentur banget, tiap ketemu gua palanya goyang. Mereka berenam selalu pergi kemana – mana bareng. Padahal secara visi sebenernya mereka tuh beda – beda. Debriani dan dedi yang secara karakter emang suka banget explore makanan. Sementara ralin emang sering ikut debriani, ngga segitunya sama makanan tapi mungkin dia suka petualangannya. Bagas itu laper(udah gaperlu gua jelasin lah ya, intinya mah kalo ada makanan ntar dia pasti makan). Febri suka nongkrongnya, dia juga pecinta makanan tapi karna dia suka agak sedikit menghitung pengeluaran karna tuntutan atas kebutuhannya emang sangat banyak. Yang terakhir setyo, ini baru yang bisa dibilang hemat, mungkin bukan hemat, rakyat jelata tepatnya. Dia tidak sebegitunya punya tuntutan hidup, tapi dia mungkin bisa dibilang lebih mengerti nilai dari uang yang dimiliki. Maybe he is the smartest, even though he is also the cheaper one.

Geng ini sebenernya ga terlalu bermasalah buat gua. Karna faktanya manusia emang suka berkelompok, apalagi kalo punya selera yang sama dan konsep berfikir yang sama. Mereka juga berkelompok mungkin tujuannya karna itu, tapi masalahnya kadang mereka suka bikin forum ditengah forum dan ga melibatkan orang – orang yang ada situ selain mereka. Kalo kita lagi ngobrol tuh, sering banget mereka ngobrol hal lain dan cuman mereka aja yang mengerti. Itu hal menyebalkan, terlebih obrolan mereka terlihat seru. Banyak orang yang pengen terlibat sama obrolan yang seru, termasuk gua. apalagi hal seru, menyenangkan dan bisa bikin ketawa itu melibatkan seorang cewek yang ketawanya adalah salah satu target dalam hidup gua. cringe sih, tapi membuat orang yang kita suka tertawa adalah pencapaian dalam hidup. Membuat debriani bisa tertawa karna gua adalah pencapaian dalam hidup gua.

Salah satu keahlian gua adalah memperhatikan detail yang orang lain ga notice sama sekali. Terlebih gua bisa menyampaikannya dengan baik. Selama ini yang terjadi sih biasanya berhubungan dengan keburukan atau kelemahan orang. kaya gua ngeliat ada karyawan yang kalo diajak ngobrol ga pernah masuk, setelah beberapa lama gua menyadari kalo dia punya masalah pendengaran. Gua bilangin ke orang-orang dan ternyata mereka jadi mulai memperhatikan dan mengamini pernyataan gua.

Setiap tahun perusahaan ini bikin kejuaraan futsal antar unit. Sebenernya bukan cuman futsal tapi semua olahraga, termasuk voli dan basket. Tapi yang paling populer sih futsal, kebetulan gua ikutan karna memang skill gua kaya Ronaldo da lima tapi setelah pensiun dan badannya kaya supir truk pengangkut semen. Gua maen sekali dan tim kita akhirnya kalah dipertandingan pertama. Semua orang agak menyayangkan karna diawal kita sempet menang sebelum disamakan dan kalah pas adu penalty.

Kita kecewa karna kalah futsal tapi gua ga sepenuhnya kecewa karna gua menemukan banyak hal yang ga dinotice orang – orang. Salah satunya adalah ketertarikan ralin kepada Andrew. Pernyataan tadi dari gua menemukan sampe tulisan ini ditulis, masih berbentuk asumsi. Cuman dengan kayauatan jari tangan gua, semuanya terasa nyata pada akhirnya. Awalnya gua curiga adalah saat ralin tiba – tiba minta foto ke setyo disamping Andrew persis dengan kondisi membelakangi kamera dimana ralin dan Andrew lagi pake jersey bola yang sama. Dari hasil foto itu yang terpampang adalah nama ralin dan nama Andrew.

Lihat selengkapnya