THE VISIBILITY

Dwi Budiase
Chapter #7

7 : Hacker Data Nasional

APLIKASI PEMERINTAH yang biasa dibuat untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan kegiatan sehari-hari misalnya transaksi bahan bakar bersubsidi maupun pemilihan umum presiden dan wakil presiden. Namun, kenyataan yang terjadi ialah masyarakat justru dibuat kesulitan dengan ketentuan yang berbelit-belit, aplikasi tidak berjalan normal dan adanya bug sistem yang mengganggu proses transaksi. Kemudian website pemerintah dinas atau instansi terkait yang berfungsi memberikan informasi penting pun tidak dapat dijangkau disebabkan oleh masalah teknis.

"Aduh, padahal gue lagi sibuk buat mencari data di website pengadilan umum tapi kok isinya judi online? Macet banget lagi!"

"Kalian pasti tahu sama Olimpiade Sains Nasional kan? Nah, adik gue dari kemarin udah belajar giat banget bahkan rela begadang buat persiapan OSN. Besoknya babak penyisihan berlangsung dan adik gue menangis sejak awal ngerjain soal. Nggak, dia nggak nangis karena soalnya susah-susah tapi dia nangis karena sistem di aplikasinya eror dan bermasalah jadinya dia nggak bisa ikutan sampai jam perlombaan selesai. Kasihan banget! Adik gue trauma sampah sekarang!"

"Pemerintah sebenarnya beberapa tahun belakangan ini menggencarkan penggunaan aplikasi untuk memudahkan masyarakat kita agar tidak terlalu ribet dan dapat diakses oleh semua orang tapi kenyataannya berbanding terbalik!"

“Maka sangat mungkin bagi kita untuk mencari celah dari kebobrokan sistem pemerintahan saat ini.”

Lihat selengkapnya