THE VISIBILITY

Dwi Budiase
Chapter #20

20 : Lady of Justice

DI DALAM lambang instansi hukum, wanita dengan mata tertutup yang membawa timbangan dan pedang melambangkan Dewi Keadilan. Dewi Keadilan biasanya disebut sebagai Lady of Justice dalam bahasa Inggris. Timbangan melambangkan keseimbangan dan keadilan, sedangkan pedang melambangkan kekuatan dan keputusan tegas. Mata tertutup menunjukkan bahwa keputusan hukum haruslah objektif dan tidak dipengaruhi oleh faktor-faktor eksternal.

Kenyataannya, dunia tak benar-benar adil.

Adinata menatap jendela kos yang sudah berdebu akibat jarang dibersihkan oleh penghuni kos ABCD yang telah disibukkan oleh urusan pekerjaan masing-masing. Setiap hari, setiap detik dan setiap membaca berita harian nasional selalu terpampang bagaimana derita rakyat yang terdesak untuk dihukum seberat-beratnya lewat penyiksaan masyarakat—main hakim sendiri —meskipun kejahatan yang dilakukan terdengar sepele tetapi para pejabat yang melakukan tindakan korupsi pun tinggal duduk manis di meja hijau sembari menunggu kepastian hukum yang berakhir tanda tanya.

"Meski mereka sudah masuk penjara tapi mereka tidak pernah merasakan apa itu efek jera. Nyatanya para koruptor itu sudah difasilitasi oleh negara tercinta kita yaitu penjara VIP lengkap dengan pelayanan sekelas hotel berbintang lima."

"Hukum tumpul ke atas dan tajam ke bawah" adalah konsep di mana hukum cenderung memberlakukan ketat bagi masyarakat biasa sementara bagi pejabat atau orang berpangkat tinggi, hukum seringkali tidak berlaku dengan ketat atau bahkan dihindari. Konsep ini menunjukkan ketidakadilan dalam sistem hukum di mana orang-orang berkuasa atau berpangkat tinggi cenderung mendapat perlakuan istimewa atau kebebasan yang lebih besar daripada masyarakat umum.

"Aku tidak heran jika aktivis maupun jurnalis yang membawa kebenaran untuk membuktikan segala kebohongan yang dilakukan oleh pemerintah sengaja dibunuh dan disandera dengan sangat kejam hanya untuk mempertahankan kekuasaan dan jabatan duniawi ini!"

"Bagaimanapun kita tidak boleh lengah dalam bertindak sebelum masyarakat tahu kebusukan kita di lain hari."

"Tentu saja, bos. Saya sudah mengubur bangkai busuk itu sedalam mungkin dan kita tidak perlu khawatir dengan kebocoran data."

"Bagus. Sekarang kita fokus dalam pengerjaan proyek palsu dan pembagian keuntungan untuk mengumpulkan partai-partai politik serta orang-orang hebat yang akan mendukung kita di pemilihan presiden maupun wakil presiden!"

Proyek PAGODA (Pusat Gedung Olahraga & Wisma Atlet Indonesia) adalah salah satu proyek prestisius yang digagas oleh menteri pemuda dan olahraga Republik Indonesia, Ahmad Ferdiansyah. Pembangunan yang berlokasi di kota Bandung.

"Mau seberapa besar usaha mereka untuk menyembunyikan bangkai kebusukan itu pada akhirnya akan tercium juga. Korupsi bukan lagi benalu yang merugikan keutuhan bangsa tetapi telah menjadi sebuah budaya lumrah bagi penguasa kursi pemerintahan Indonesia saat ini."

"Memang kata-kata guru SD saya beberapa tahun silam benar adanya. Secara historis Indonesia sudah resmi dinyatakan merdeka tetapi jika membicarakan masalah korupsi, Indonesia belum sepenuhnya merdeka dari belenggu busuk itu. Perjuangan di masa depan akan lebih sulit sebab negara tercinta kita akan dijajah oleh bangsa sendiri dan tidak lama lagi kehancuran akan tiba!"

"Yah, aku sangat setuju dengan pendapatmu itu. Tunggu sebentar, bolehkah aku mengangkat telepon?"

Lihat selengkapnya