THE YOUTH CRIME

Dwi Budiase
Chapter #2

SMANTA

Berikut ini adalah beragam sebutan yang sudah dirangkum terhadap anak-anak di Indonesia sebagaimana yang kerap kita lihat. Pertama, gemar mengendarai sepeda motor dengan kecepatan tinggi seakan-akan sedang mengikuti kompetisi balap internasional tetapi sayangnya masih kalah dengan kemampuan Rossi. Apa sebutannya?

[The fastest]

Kedua, memiliki angan-angan dan pengharapan yang tinggi ketika mengikuti suatu kompetisi atau persaingan dan cukup berbahaya bila harapan itu tidak sesuai dengan kenyataan sebenarnya. Apa sebutannya?

[The ambitions]

Ketiga, entah penyakit atau gangguan mental yakni anak-anak lebih mengutamakan emosi atau perasaan dalam diri ketimbang logika maka sering kali melahirkan beragam perkelahian dengan alasan tak masuk di akal dan alasan paling umum, "Cuma bercanda." Apa sebutannya?

[The hot-tempered]

Keempat, kasta tertinggi dalam hidup yang kerap diidam-idamkan oleh sebagian orang karena kekayaan mencerminkan kebahagiaan keluarga dan tidak jarang saking bahagianya pun jadi gila, anak-anak tidak akan jauh-jauh dari pusat perhatian dengan memanfaatkan pesonanya. Apa sebutannya?

[The crazy rich]

Kelima, masih tentang kasta tetapi levelnya sangat jauh ketimbang di atas ditambah lagi dengan rupa-rupa yang tidak menarik dan langganan ejekan oleh anak-anak nakal. Apa sebutannya?

[The poor]

Keenam, bagaimanapun aksi kekerasan fisik dan verbal di sekolah tak bisa dihilangkan seratus persen meski mengharapkan sembilan puluh sembilan persen tetapi tetap saja akan ada satu anak yang memiliki jiwa perusak dengan penyamaran sikap polos sempurna. Apa sebutannya?

[The bully]

Ketujuh, ada anak yang merasa tersakiti tetapi tidak mampu untuk melawan akhirnya secara diam-diam menyembunyikan segala luka dalam hati yang lama-lama akan menciptakan balas dendam. Apa sebutannya?

[The revenge]

Kedelapan, katanya anak-anak dibawah umur lima belas tahun adalah sosok manusia suci yang belum tersentuh oleh dosa dunia tetapi mulut mereka terkadang mengeluarkan hal-hal yang sejatinya tidak benar dengan menggunakan sikap polos dan lugu. Apa sebutannya?

[The lie]

Kesembilan, bagi pelaku bully yang menganggap lemah tentang sosok anak pendiam yang bisa dibully dengan sangat mudah, sebaiknya hilangkan anggapan itu sebab pertumpahan darah akan segera terjadi tanpa menunggu nanti. Apa sebutannya?

[The killer]

Omong-omong, kesembilan sebutan anak-anak ini bila digabungkan menjadi satu akan menjadi bumerang yang berbahaya dan menciptakan kasus kejahatan lebih mengerikan dan di luarĀ batas. Mengapa? Suatu hari nanti pertanyaan tersebut akan terjawab setelah menuntaskan jurnal harian ini. Eh, apa nama jurnal hariannya?

T H E Y O U T H C R I M E

Lihat selengkapnya